Pengembangan kurikulum olahraga berkuda di Kabupaten Sumba Timur / Alberstof Markus Hina Radjah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan kurikulum olahraga berkuda di Kabupaten Sumba Timur / Alberstof Markus Hina Radjah

Radjah, Alberstof Markus Hina (2020) Pengembangan kurikulum olahraga berkuda di Kabupaten Sumba Timur / Alberstof Markus Hina Radjah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masyarakat di Sumba Timur khususnya para pecinta olahraga berkuda hanya sekedar menjalankan hobi dan kesenangan namun teknik berkuda dan merawat maupun melatih kuda pacu belum terlaksana dengan baik oleh karena itu dibutuhkan pelatihan cara menunggang atau memacu kuda dengan baik dan juga membutuhkan perawatan dan kedisiplinan didalam merawat dan melatih kuda pacu yang terstruktur. Dan berkaitan dalam hal pemberian makanan kuda harus teratur karena pemberian makanan merupakan hal yang paling utamakan. Hal ini belum dilaksanakan secara baik dan dipahami secara teori maupun praktek di Sumba Timur dikarenakan belum ada pembinaan secara teratur sehingga hal yang tidak diinginkan terjadi saat di arena race kuda pacu. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk kurikulum olahraga berkuda yang dilengkapi dengan bahan ajar olahraga berkuda. Kurikulum olahraga berkuda dinyatakan layak oleh ahli kurikulum ahli isi materi olahraga berkuda dan ahli media. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan mengacu pada prosedur pengembangan Dwiyogo WD (2010 12) yang disederhanakan. Pengambilan data dilakukan dengan evaluasi ahli evaluasi perorangan evaluasi kelompok dan uji lapangan. Analisis data dilakukan dengan mengubah data kuantitatif ke data kualitatif dengan menggunakan pedoman skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum olahraga berkuda yang di kembangkan dinyatakan layak berdasarkan hasil uji coba lapangan subjek berjumlah 30 (tiga puluh) orang berdasarkan aspek ketepatan dengan tingkat kelayakan 98 13%. Aspek kejelasan dengan tingkat kelayakan 96 33%. Aspek kemenarikan 96 25%. Secara keseluruhan produk kurikulum berkategori ldquo Sangat Baik rdquo . Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan spesifikasi produk sebagai berikut Buku cetak kurikulum buku bahan ajar multimedia interaktif epub berbasis android quiz google form dan Qr barcode. Produk kurikulum ini nantinya akan menjadi pegangan maupun acuan bagi pelatih/pembina olahraga berkuda. Berdasarkan penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan maka saran praktis yang dapat diberikan adalah kurikulum yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembinaan olahraga berkuda serta kurikulum olahraga berkuda ini diterbitkan dan di disebarluaskan untuk kebutuhan pelatih dalam pembinaan olahraga berkuda dan kurikulum dikembangkan dan diteliti hanya sampai pada tahap evaluasi ahli evaluasi perorangan evaluasi kelompok dan uji lapangan oleh karena itu dibutuhkan pengembangan lebih lanjut untuk menguji keefektifan dan efisiensi kurikulum olahraga berkuda ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161827

Actions (login required)

View Item View Item