Pengembangan bahan ajar modul pembelajaran senam lantai kelas X SMAN 5 Malang / Haryo Mukti Widodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar modul pembelajaran senam lantai kelas X SMAN 5 Malang / Haryo Mukti Widodo

Widodo, Haryo Mukti (2020) Pengembangan bahan ajar modul pembelajaran senam lantai kelas X SMAN 5 Malang / Haryo Mukti Widodo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tercapainya tujuan pembelajaran terjadi pada saat adanya 3 aspek inti dalam pembelajaran yakni pendidik peserta didik dan sumber belajar. Pembelajaran senam lantai yang ada di SMAN 5 Malang belum memiliki bahan pembelajaran sebagai sumber belajar lain. Guru menjadi satu satunya sumber belajar yang ada. Penggunaan bahan ajar modul akan memudahkan guru dan siswa untuk menyelaraskan pembelajaran yang diinginkan. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk sebagai sumber belajar berupa bahan ajar modul pembelajaran senam lantai kelas X di SMAN 5 Malang. Diharapkan dengan adanya sumber belajar modul akan mencukupi kebutuhan siswa dalam mendapatkan materi senam lantai. Penelitian ini menggunakan prosedur dari Borg dan Gall yang disederhanakan oleh Sugiyono sehingga peneliti melaksanakan penelitian dan pengembangan tersebut sampai pada tahap uji pemakaian. Produk yang dihasilkan adalah bahan ajar modul senam lantai yang dengan pedoman Kompetensii Inti dan Kompetensi Dasar pada kurikulum 2013 yang disesuaikan dengan kebutuhan pada kelas X SMAN 5 Malang. Hasil dari penelitian ini merupakan produk bahan ajar berupa modul pembelajaran senam lantai yang digunakan pada pembelajaran kelas X. Hasil uji coba produk yang diberikan memperoleh hasil (1) uji coba kelompok kecil memperoleh skor presentase (90 29%) (2) uji coba kelompok besar memperoleh hasil (90 31 %). Produk berupa modul pembelajaran ini menunjukkan hasil positif pada tiap uji sehingga nantinya produk ini dapat menjadi sumber belajar yang tepat guna terutama pada proses pembelajaran di SMAN 5 Malang. Selanjutnya penggunaan dan penyampaian yang sesuai kebutuhan serta kondisi siswa nantinya mampu meningkatkan pengetahuan kemampuan gerak dan sosialnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161826

Actions (login required)

View Item View Item