Pradani, Audia Akida (2021) pengembangan model pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berbasis blended learning dengan kompetensi dasar atletik / audia akida pradani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan adalah proses pendidikan yang menggunakan aktivitas jasmani atau fisik yang bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan aspek fisik kognitif dan emosional peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran PJOK khususnya pembelajaran atletik yang menarik dan membuat peserta didik antusias harus mempunyai inovasi atau terobosan yang baru saat pembelajaran berlangsung. Salah satu perkembangan pembelajaran dalam hal penerapan teknologi adalah digunakannya model pembelajaran berbasis blended learning. Blended learning mengacu pada belajar yang mengkombinasi atau mencampur antara pembelajaran tatap muka dan pembelajaran berbasis komputer menggunakan internet atau online dan offline. Penelitian dilakukan dengan tujuan mengembangkan model pembelajaran PJOK berbasis blended learning kompetensi dasar atletik untuk siswa SMA kelas X Kabupaten Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan blended learning Dwiyogo. Prosedur pengembangan meliputi 3 tahap (1) tahap analisis (2) tahap rancangan pembelajaran (3) tahap evaluasi. Kemudian dilakukan uji efektivitas untuk mengetahui tingkat keefektifan efisiensi serta kemenarikan produk pengembangan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berbasis blended learning kompetensi dasar atletik. Hasil dari penelitian dan pengembangan meliputi hasil pengembangan produk berupa pengembangan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berbasis blended learning kompetensi dasar atletik yang terdiri dari (1) buku cetak untuk pembelajaran tatap muka (2) multimedia interaktif untuk pembelajaran offline dan edmodo untuk pembelajaran online. Hasil penelitian pada uji coba produk yang diberikan terhadap kelompok besar kemenarikan diperoleh persentase sebesar (93 84%) untuk kriteria kemudahan diperoleh persentase sebesar (94 22%) untuk kriteria kejelasan diperoleh persentase sebesar (94 71%) untuk kriteria keefektifan diperoleh persentase (92 91%). Total rata-rata (93 11 %). Hasil perolehan nilai (posttest) yang diberikan kepada 99 peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran blended learning diperoleh nilai maksimal 92 5 nilai minimal 62 5 dan nilai rata-rata 77. Hasil nilai rata-rata yang diperoleh pada posttest menggunakan model pembelajaran blended learning sudah memenuhi kriteria ketuntasan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 02:11 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/161824 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |