Analisis kesalahan siswa kelas XI SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur dalam menyelesaikan masalah matematika materi program linier / Widia Kumala Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa kelas XI SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur dalam menyelesaikan masalah matematika materi program linier / Widia Kumala Sari

Sari, Widia Kumala (2019) Analisis kesalahan siswa kelas XI SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur dalam menyelesaikan masalah matematika materi program linier / Widia Kumala Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Sari Widia Kumala. 2019. Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Program Linier. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pendidikan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. Sudirman M.Si. Kunci Analisis Kesalahan Prosedur Newman Program Linier Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal program linier. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan kualitatif dilakukan dengan cara menganalisis data dari hasil tes tulis siswa dan wawancara dengan siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis kesalahan berdasarkan prosedur Nemwan diperoleh bentuk-bentuk kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal program linier adalah (1) pada tahap memahami (comprehension) siswa salah dalam mengartikan informasi pada soal (2) pada tahap transformasi (transformation) siswa salah dalam mengubah informasi pada soal ke dalam bentuk matematisnya dan salah dalam menentukan metode penyelesaiannya (3) pada tahap keterampilan proses (process skill) siswa salah dalam proses penyelesaian metode yang telah dipilih (4) pada tahap penulisan jawaban akhir (Endcoding) siswa salah dalam menuliskan jawaban akhir yang ditanyakan oleh soal. vi Berdasarkan hasil analisis bentuk kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal program linier siswa kurang terbiasa dalam menuliskan informasi secara lengkap dan menuliskan kesimpulan tingkat pemahaman serta kreativitas siswa masih rendah dalam mengidentifikasi permasalahan pada soal ke dalam model matematika dan kemampuan dalam melakukan operasi aljabar serta menentukan metode penyelesaian permasalahan yang masih rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16182

Actions (login required)

View Item View Item