Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis pengajaran dan pembelajaran kontekstual (CTL) pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai untuk siswa kelas VII / Nurensa Pratiwi

Pratiwi, Nurensa (2019) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis pengajaran dan pembelajaran kontekstual (CTL) pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai untuk siswa kelas VII / Nurensa Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Pratiwi, Nurensa. 2019. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual (CTL) Materi Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai untuk Siswa Kelas VII. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Drs. Dwiyana, M.Pd., Ph.D. Kata Kunci : LKS, Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual (CTL), Perbandingan Senilai, Perbandingan Berbalik Nilai Penelitian pengembangan bahan ajar dilakukan dalam rangka mengatasi permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran. Latar belakang dilakukannya penelitian pengembangan bahan ajar ini karena adanya masalah yang dihadapi oleh siswa kelas VII SMPN 16 Malang. Permasalahan yang dihadapi yaitu kurangnya bahan ajar yang digunakan untuk mengkonstruk pengetahuan siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 yang menuntut siswa untuk dapat belajar secara mandiri. Salah satu jenis bahan ajar yaitu LKS. LKS yang ada terlihat monoton dengan format materi, contoh soal, dan latihan soal sehingga kurang mampu membuat siswa untuk secara aktif membangun pengetahuannya sendiri dan mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Bahan ajar berperan penting dalam pelaksanaan pembelajaran. Bahan ajar yang dimaksud dalam penelitian ini berupa Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan lembar kegiatan siswa berbasis pengajaran dan pembelajaran kontekstual (CTL) pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai untuk siswa kelas VII dan mengembangkan lembar kegiatan siswa berbasis pengajaran dan pembelajaran kontekstual (CTL) pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai untuk siswa kelas VII. LKS yang dikembangkan diuji dengan tiga kriteria yaitu valid, praktis, dan efektif. Dalam penelitian ini dilakukan analisis kebutuhan berupa analisis ujung depan, analisis siswa dan analisis materi ajar. Selanjutnya pengembangan produk dan analisis hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian model pengembangan Plomp (2010) yang terdiri dari 3 fase yaitu (1) Penelitian Awal (Preliminary Research), (2) Fase Pengembangan (Prototyping Phase), dan (3) Fase Penilaian (Assessment Phase). Pada penelitian ini dilakukan tiga tes uji yaitu uji kevalidan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh dua validator, validator ahli yaitu dosen matematika dan validator praktisi yaitu guru matematika SMPN 16 Malang. Setelah LKS dinyatakan valid, maka LKS diujicobakan kepada delapan siswa SMPN 16 Malang yang menempuh materi perbandingan senilai dan berbalik nilai sebagai subjek uji coba. Uji kepraktisan produk dilakukan menggunakan lembar angket respon siswa yang diisi oleh subjek uji coba. Pada uji keefektifan produk dilakukan melalui tes tulis kepada subjek uji coba setelah menggunakan LKS yang dikembangkan. vi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16180

Actions (login required)

View Item View Item