Perbedaan prestasi belajar dikaitkan dengan pola asuh orangtua di SMP Negeri 2 Wlingi Kabupaten Blitar / Ratih Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan prestasi belajar dikaitkan dengan pola asuh orangtua di SMP Negeri 2 Wlingi Kabupaten Blitar / Ratih Rahmawati

Rahmawati, Ratih (2009) Perbedaan prestasi belajar dikaitkan dengan pola asuh orangtua di SMP Negeri 2 Wlingi Kabupaten Blitar / Ratih Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan sangat penting bagi terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas. Keberhasilan pendidikan salah satunya dapat dilihat melalui prestasi belajar sebagai hasil belajarnya. Keberhasilan atau prestasi belajar ditentukan oleh interaksi berbagai faktor. Peranan faktor penentu itu tidak selalu sama dan tetap. Dalam hal ini Hasbullah (dalam Ridwan 2008) mengatakan Keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama karena dalam keluarga inilah anak pertama-tama mendapatkan pendidikan dan bimbingan sedangkan tugas utama dalam keluarga bagi pendidikan anak ialah sebagai peletak dasar bagi pendidikan akhlak dan pandangan hidup keagamaan. . Oleh karena itu orang tua hendaknya menyadari bahwa pendidikan dimulai dari keluarga. Sedangkan sekolah merupakan pendidikan lanjutan. Peralihan pendidikan informal ke lembaga-lembaga formal memerlukan kerjasama yang baik antara orang tua dan guru sebagai pendidik dalam usaha meningkatkan hasil belajar anak. Jalan kerjasama yang perlu ditingkatkan dimana orang tua harus menaruh perhatian yang serius tentang cara belajar anak di rumah. Perhatian orang tua dapat memberikan dorongan dan motivasi sehingga anak dapat belajar dengan tekun. Karena anak memerlukan waktu tempat dan keadaan yang baik untuk belajar. Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui gambaran prestasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Wlingi Kabupaten Blitar (2) untuk mengetahui gambaran pola asuh orangtua siswa di SMP Negeri 2 Wlingi Kabupaten Blitar dan (3)untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar dikaitkan dengan pola asuh orangtua di SMP Negeri 2 Wlingi Kabupaten Blitar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan komparatif. Populasi semua siswa SMP Negeri 2 Wlingi Kabupaten Blitar tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah kurang lebih 1200 siswa. Teknik pengambilan sampel random sampling dengan cara undian. Jumlah responden sebanyak 154 siswa. Instrumen yang digunakan angket dianalisis dengan teknik persentase dan analisis varian satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa SMP Negeri 2 Wlingi Kabupaten Blitar prestasi belajarnya dengan rentangan skor antara 69.7 sampai dengan 74.3. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa ada cukup banyak (46.10%) dan paling sedikit ada pada rentangan prestasi 79.1- 83.7 (12.99%). Selain itu sebagian besar pola asuh orangtua siswa adalah pola asuh demokrasi yaitu sebanyak 74.03% lalu pola asuh otoriter sebanyak 22.08% dan paling sedikit adalah pola asuh permisif sebanyak 3.89%. Dari analisis deskriptif diatas maka pola asuh demokrasi terlihat bahwa rentangan prestasi belajarnya antara 65.00 sampai dengan 83.40 pola asuh otoriter rentangan prestasi belajarnya 65.60 sampai dengan 81.50 dan pola asuh permisif rentangan prestasi belajarnya 68.80 sampai dengan 76.20. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varian satu jalur dengan menggunakan bantuan program SPSS windows versi 13.00. Dari hasil analisis data diperoleh nilai p sebesar 0 794. Karena p (0 794) 8805 0 05 maka dapat dinyatakan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa dikaitkan dengan pola asuh orangtua di SMP Negeri 2 Wlingi Kabupaten Blitar. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dikemukakan saran-saran sebagai berikut (1) bagi lembaga pendidikan/sekolah diharapkan dengan hasil penelitian ini pihak sekolah memiliki gambaran demi meningkatkan prestasi belajar siswa dengan bekerja sama dengan orangtua siswa (2) bagi orangtua siswa diharapkan lebih memperhatikan belajar siswa setiap saat agar siswa merasa diperhatikan oleh orangtuanya juga akan lebih memotivasi belajar siswa sehingga prestasi belajarnya semakin baik dan (3) bagi peneliti selanjutnya sebagai acuan bahan pustaka atau perbandingan untuk mengadakan pengembangan keilmuan dan penelitian lebih lanjut khususnya tentang perbedaan prestasi belajar bila dikaitkan dengan pola asuh orangtua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1618

Actions (login required)

View Item View Item