Proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah geometri bidang berdasarkan langkah Polya ditinjau dari gaya kognitif / Saiful Ahmadi

Ahmadi, Saiful (2019) Proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah geometri bidang berdasarkan langkah Polya ditinjau dari gaya kognitif / Saiful Ahmadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ahmadi, Saiful 2018. Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Bidang Berdasarkan Langkah Polya Ditinjau dari Gaya Kognitif. Skripsi, Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Erry Hidayanto M.Si. Kata kunci: Proses berpikir, Polya, geometri bidang, gaya kognitif Matematika adalah cabang ilmu yang sangat penting. Dalam upaya memecahan masalah matematika, proses berpikir terjadi dalam benak siswa. Penting bagi guru untuk memahami proses berpikir siswa tersebut. Penelitianpenelitian tentang proses berpikir telah beberapa kali dilakukan (Supriadi, 2015; Wardani, 2016;). Gaya kognitif yang berbeda-beda berpengaruh terhadap proses berpikir siswa. Berdasarkan gaya kognitifnya siswa dapat dikategorikan sebagai Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI). Penting untuk dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai analisis proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah geometri berdasarkan tahapan Polya ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskrpisikan proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah geometri bidang berdasarkan langkah Polya ditinjau dari gaya kognitif FI dan FD. Langkah-langkah pemecahan masalah Polya meliputi, 1) memahami masalah, (2) merencanakan pemecahannya, (3) menyelesaikan masalah sesuai rencana, dan (4) memeriksa kembali hasil yang diperoleh. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan tiga jenis data yaitu soal tes GEFT, soal tes pemecahan masalah dan wawancara. Peserta tes GEFT terdiri atas 19 siswa IX F SMPN 1 Malang yang terdiri dari 9 laki-laki dan 10 perempuan. Berdasarkan skor tes GEFT, siswa diklasifikasikan ke dalam FI dan FD kemudian dipilih 2 subjek penelitian yang masing-masing bergaya kognitif FI dan FD Proses berpikir pada tahap memahami masalah, FD dan FI menangkap situasi pada soal dengan membaca diulang-ulang. FD memilih bangun geometri yang bersesuaian dengan mengaitkannya dengan kata kunci pada soal kemudian menarik kesimpulan yang tidak konseptual. Sedangkan FI mengeliminasi bangunbangun yang tidak memenuhi kriteria pada soal sehingga tersisa satu bangun yang paling memenuhi Pada tahap membuat rencana, FD melihat bangun secara menyeluruh. FD menentapkan rencana dengan menghitung luas bangun keseluruhan kemudian mengurangkan dengan luas daerah yang tidak dikehendaki. Sedangkan FI melihat bagun secara analitik. FI memisahkan bangun ke dalam bagian-bagian kecil kemudian menentapkan rencana dengan menghitung luas bagian-bagian kecil yang menyusun daerah yang dikehendaki. Pada tahap melaksanakan rencana, FD melaksanakan rencana dengan tidak sempurna, FD ii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16174

Actions (login required)

View Item View Item