Pengembangan lembar kegiatan siswa bercirikan penemuan terbimbing pada materi aljabar Kelas VII di MTs Al-Hikmah Bululawang / Dita Arianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kegiatan siswa bercirikan penemuan terbimbing pada materi aljabar Kelas VII di MTs Al-Hikmah Bululawang / Dita Arianti

Arianti, Dita (2019) Pengembangan lembar kegiatan siswa bercirikan penemuan terbimbing pada materi aljabar Kelas VII di MTs Al-Hikmah Bululawang / Dita Arianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Arianti Dita. 2018. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Bercirikan Penemuan Terbimbing pada Materi Aljabar Kelas VII di MTs Al-Hikmah Bululawang. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. M. Shohibul Kahfi M.Pd. Kata Kunci Lembar Kegiatan Siswa Penemuan Terbimbing Bentuk Aljabar Bahan ajar merupakan salah satu bagian penting dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Bahan ajar dapat membantu guru dalam mengajar dan membantu siswa dalam proses belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Bahan ajar yang disediakan oleh sekolah MTs Al-Hikmah Bululawang adalah buku paket. Namun buku paket matematika kelas VII yang ada di sekolah tersebut masih belum sesuai dengan kurikulum 2013 yang berlaku sekarang. Penggunaan buku paket juga belum maksimal karena tidak dapat dibawa pulang oleh siswa. Guru dapat membuat bahan ajar dalam bentuk Lembar Kegiatan Siswa (LKS) bercirikan penemuan terbimbing sebagai solusi. Hal yang membuat LKS bercirikan penemuan terbimbing cocok dengan siswa yaitu siswa dapat belajar secara aktif dalam menemukan pengetahuan sendiri di bawah bimbingan dan petunjuk guru. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti mengembangkan LKS bercirikan penemuan terbimbing pada materi aljabar kelas VII yang valid praktis dan efektif. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan mengacu pada model Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap preliminary research (penelitian awal) prototyping phase (fase pengembangan prototipe) dan assessment phase (fase penilaian). Pada penelitian ini diadakan tiga tes uji yaitu uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh tiga validator yaitu satu orang dosen matematika dan dua orang praktisi yaitu guru matematika MTs. Setelah LKS dinyatakan valid maka LKS diujicobakan pada sembilan siswa MTs kelas VII yang akan menempuh materi bentuk aljabar sebagai subjek uji coba. Uji kepraktisan produk dilakukan menggunakan lembar angket respon siswa yang diisi oleh sembilan siswa yang menjadi subjek uji coba. Sedangkan uji keefektifan produk dilakukan melalui tes tulis kepada subjek uji coba setelah menggunakan LKS yang dikembangkan. vi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16173

Actions (login required)

View Item View Item