Pengembangan UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan sistem pertidaksamaan (linear-kuadrat) dua variabel untuk siswa Kelas X SMAN 1 Lawang / Indah Susitya Sukmananda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan sistem pertidaksamaan (linear-kuadrat) dua variabel untuk siswa Kelas X SMAN 1 Lawang / Indah Susitya Sukmananda

Sukmananda, Indah Susitya (2019) Pengembangan UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan sistem pertidaksamaan (linear-kuadrat) dua variabel untuk siswa Kelas X SMAN 1 Lawang / Indah Susitya Sukmananda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Sukmananda Indah Susitya. 2018. Pengembangan UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Sistem Pertidaksamaan (Linear-Kuadrat) Dua Variabel untuk Siswa Kelas X SMAN 1 Lawang Kata Kunci UKBM saintifik sistem pertidaksamaan (linear-kuadrat) dua variabel Pengimplementasian Sistem Kredit Semester (SKS) menuntut pembelajaran berbasis UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri). UKBM ini merupakan bahan ajar yang digunakan guru dan siswa untuk melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru matematika SMAN 1 Lawang UKBM yang digunakan di sekolah tersebut disusun oleh guru matematika yang mengajar di SMAN 1 Lawang. Namun penyusunan UKBM tersebut masih perlu banyak revisi karena penyusunan materi yang disajikan belum sesuai dengan kurikulum yang berjalan saat ini. Materi yang disajikan dalam UKBM berupa uraian materi contoh soal dan latihan soal. Siswa belum diberikan kesempatan untuk menemukan sendiri konsep matematika yang ada di dalamnya. Penggunaan UKBM juga belum maksimal dikarenakan tampilan UKBM yang kurang menarik minat belajar siswa. Solusi alternatif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu belajar dalam kelas yaitu dengan membuat UKBM berbasis pendekatan saintifik yang dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam menemukan sendiri konsep-konsep matematika di dalamnya. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti mengembangkan UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan sistem pertidaksamaan linear-kuadrat dua variabel. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan mengacu pada model 4D oleh Thiagarajan dan Semmel. Pengembangan dalam model 4D meliputi beberapa tahap yaitu tahap pendefinisian (define) perancangan (design) pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Fokus pengembangan ini hanya pada tahap pertama hingga tahap ketiga. Pada penelitian ini dilakukan tiga tes uji yaitu uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh dua validator yaitu satu orang dosen matematika dan satu orang praktisi yaitu guru matematika SMAN 1 Lawang. Setelah UKBM dinyatakan valid maka UKBM diujicobakan pada sembilan siswa SMAN 1 Lawang kelas X yang menempuh materi pertidaksamaan linear-kuadrat dua variabel sebagai subjek uji coba. Uji kepraktisan produk dilakukan menggunakan lembar angket respon siswa yang diisi oleh subjek uji coba. Sedangkan uji keefektifan produk dilakukan melalui tes tulis kepada subjek uji coba setelah menggunakan UKBM yang dikembangkan. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yaitu (1) uji kevalidan dinyatakan valid berdasarkan skor kevalidan UKBM yaitu 98 13% dengan kriteria sangat valid (2) uji kepraktisan menggunakan lembar angket respon siswa dinyatakan praktis berdasarkan skor kepraktisan UKBM yaitu 88 3% (3) uji keefektifan dinyatakan efektif berdasarkan hasil tes siswa yang menunjukkan 88 89% siswa mendapatkan nilai diatas 75 (KKM). Dengan demikian pengembangan UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Sistem Pertidaksamaan (Linear-Kuadrat) Dua Variabel untuk Siswa Kelas X SMAN 1 Lawang dinyatakan valid praktis dan efektif. vi Dewan Penguji Anggota Anggota Drs. M. Shohibul Kahfi M.Pd. Latifah Mustofa Lestyanto S.Si. M.Pd NIP. 19590219 198403 1 001 NIP. 19850816201012 2 005 Ketua Dra. Rini Nurhakiki M.Pd. NIP. 19560320 198203 2 001

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16171

Actions (login required)

View Item View Item