Pengembangan asesmen berbasis multimedia pada materi pecahan desimal / Zahwa Ersta Nur Afrida

Afrida, Zahwa Ersta Nur (2018) Pengembangan asesmen berbasis multimedia pada materi pecahan desimal / Zahwa Ersta Nur Afrida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Afrida, Zahwa Ersta Nur. 2018. Pengembangan Asesmen Berbasis Multimedia Pada Materi Pecahan Desimal. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Abd. Qohar, M.T. Kata kunci : asesmen, multimedia, pecahan desimal Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan, dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan asesmen manual untuk menentukan hasil belajar siswa. Hasil asesmen yang dilakukan guru diberikan pada pertemuan berikutnya atau paling lama satu minggu setelah tes. Tes yang digunakan dalam asesmen biasanya dalam bentuk pilihan ganda. Hal ini membuat proses asesmen kurang berjalan maksimal. Untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya inovasi baru yang membuat proses asesmen lebih cepat dan menarik. Salah satu cara yang dapat mengotimalkan proses asesmen tersebut yaitu dengan asesmen berbasis multimedia. Dalam multimedia ini, siswa dapat berinteraksi langsung secara dua arah sehingga dapat membantu siswa dalam memahami soal. Salah satu materi yang sulit bagi siswa dalam menyelesaikan masalah yaitu materi pecahan desimal. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media yang dapat membantu proses asesmen berbasis multimedia yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan yang dilakukan diadobsi dari model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan, namun penelitian pengembangan yang dilakukan peneliti hanya sampai tahap ketiga yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Hal ini karena pada tahap disseminate (penyebaran) membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang tidak sedikit. Selain itu, penelitian ini dilakukan hanya untuk memenuhi kebutuhan peneliti. Pengumpulan data yang digunakan dalam media ini berupa uji kevalidan dan uji kepraktisan. Instrumen yang digunakan berupa angket. Kemudian analisis data dilakukan dengan menganalisis hasil validasi soal dan materi, validasi media, uji validitas, uji reliabilitas, dan uji kepraktisan media. Soal dan media yang dikembangkan peneliti, divalidasi oleh dua validator. Berdasarkan hasil validasi soal dan materi, diperoleh nilai rata-rata 3,94. Hal ini menunjukkan bahwa soal memiliki validitas tinggi. Begitu juga dengan hasil validasi media, diperoleh nilai rata-rata 3,84 sehingga memenuhi kriteria yang baik. Produk asesmen beserta soal yang termuat dalam media, kemudian diuji validitas, reliabilitas dan kepraktisan produk pada 12 siswa SMP Baitul Makmur Malang. Berdasarkan hasil uji validitas soal pilihan ganda, dari 20 soal ujicoba 18 soal dikatakan valid. Artinya, nilai 𝑟𝑥𝑦 18 soal tersebut lebih besar dari nilai tabel 𝑟𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 sehingga dapat dikatakan baik. Kemudian berdasarkan hasil uji reliabilitas soal pilihan ganda diperoleh nilai 0,74 artinya, nilai 𝑟11 berada pada rentang 0,70 ÔÇô 0,90 dan dapat dikatakan reliabel. Maka, soal-soal tersebut valid dan reliabel untuk digunakan dalam media asesmen berbasis multimedia. Kemudian, berdasarkan respon siswa diperoleh nilai rata-rata 3,86 hal ini menunjukkan bahwa produk asesmen juga sangat diminati siswa. Maka, secara umum, hasil validasi produk pengembangan asesmen berbasis multimedia ini memenuhi kriteria baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16169

Actions (login required)

View Item View Item