Pengembangan media pembelajaran berbasis komputer pada pokok bahasan relasi dan fungsi untuk siswa kelas VIII / Hanif Hemas Mahardika

Mahardika, Hanif Hemas (2018) Pengembangan media pembelajaran berbasis komputer pada pokok bahasan relasi dan fungsi untuk siswa kelas VIII / Hanif Hemas Mahardika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mahardika, Hanif Hemas. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer pada Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi untuk Kelas VIII. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Toto Nusantara, M. Si. Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, relasi dan fungsi Dewasa ini perkembangan IPTEK memunculkan tuntutan dalam peningkatan pelayanan profesional di berbagai bidang kehidupan. Salah satunya adalah di bidang pendidikan. Peningkatan pelayanan profesional di bidang pendidikan diusahakan oleh pemerintah dengan menerapkan sarana pembelajaran yang memanfaatkan perkembangan teknologi. Pemerintah mengharapkan guru menyelenggarakan pembelajaran dengan menggunakan ICT. Pembelajaran menggunakan ICT mendukung keterlibatan aktif siswa dalam belajar. Berdasarkan pengamatan peneliti saat melaksanakan PPL di SMPN 2 Jombang, siswa cenderung kurang menyukai pembelajaran matematika yang sedang berlangsung. Siswa tidak memperhatikan guru saat menyampaikan materi di depan kelas. Namun ketika siswa diberikan sesuatu yang menarik, siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dan pemahaman mereka meningkat. Dengan kata lain siswa membutuhkan pengemasan pembelajaran yang menarik agar dapat melibatkan mereka secara aktif. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis komputer pada pokok bahasan relasi dan fungsi untuk kelas VIII yang valid, praktis, dan efektif. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode pengembangan Plomp dengan empat langkah pengembangan yaitu (1) Fase investigasi awal (preliminary investigation), (2) fase desain (design), (3) fase konstruksi (construction) dan (4) fase tes, evaluasi, dan revisi (test, evaluation, and revision). Dilakukan uji coba terbatas kepada 9 orang siswa kelas VII SMPN 2 Jombang yang bersifat heterogen. Persentase rata-rata hasil validasi media oleh ahli media sekaligus ahli materi adalah 89,984%, sehingga media pembelajaran berbasis komputer yang dikembangkan memenuhi kriteria valid. Media ini juga memperoleh persentase hasil uji kepraktisan media sebesar 90,28% yang menunjukkan kriteria praktis. Didukung oleh data dari perolehan nilai ketuntasan hasil belajar seluruh siswa yaitu lebih dari atau sama dengan 75 dan rata-rata nilai siswa 88,89, sehingga media memenuhi kriteria efektif. 1 2

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16168

Actions (login required)

View Item View Item