Pengembangan media pembelajaran ubin aljabar berbasis android untuk materi persamaan kuadrat / Oriza Febri Irianti

Irianti, Oriza Febri (2018) Pengembangan media pembelajaran ubin aljabar berbasis android untuk materi persamaan kuadrat / Oriza Febri Irianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Irianti, Oriza Febri. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Ubin Aljabar Berbasis Android untuk Materi Persamaan Kuadrat. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Abd. Qohar, M.T Kata Kunci : Media Pembelajaran, Ubin Aljabar, Android, Persamaan Kuadrat Pembelajaran merupakan interaksi siswa dengan sumber belajar dan guru pada suatu lingkungan belajar. Pada proses pembelajaran, terjadi interaksi antara guru dan siswa dimana guru menyampaikan informasi kepada siswa. Dalam proses komunikasi dibutuhkan media untuk mengatasi perbedaan pemahaman antara komunikan dan komunikator. Pembelajaran yang tidak memanfaatkan media maka pesan yang diterima oleh siswa berkemungkinan akan ditafsirkan berbeda oleh setiap siswa, maka perlu adanya penggunaan media untuk menyamakan tafsiran dan mengkongkretkan pesan yang dimaksud. Salah satu materi yang diajarkan pada kelas IX Sekolah Menengah Pertama adalah Persamaan Kuadrat. Materi persamaan kuadrat memuat konsep yang abstrak untuk siswa. Oleh karena itu, pembelajaran materi persamaan kuadrat membutuhkan media pembelajaran yang sesuai agar dapat menjadikan konsep yang semula abstrak menjadi konkret untuk siswa. Berdasarkan wawancara kepada guru matematika SMP Negeri 1 Singosari, persamaan kuadrat masih menjadi materi yang sulit bagi siswa dan guru pada umumnya tidak menggunakan media dalam pembelajaran. Hal ini menyebabkan siswa cenderung kurang aktif selama pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran ubin aljabar berbasis Android untuk materi persamaan kuadrat. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran ubin aljabar berbasis android untuk persamaan kuadrat yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk membantu siswa dalam memahami pemfaktoran dalam persamaan kuadrat. Produk yang dihasilkan diberi nama FICTION (Factorization of Quadratic Equation) berekstensi .apk yang dapat disebar luaskan dan diinstal di smartphone berbasis android minimum pada versi 4.0/4.1 (Ice Cream Sandwich). Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Model ini digunakan dan dimodikasi menjadi 3 tahap saja, yaitu tahap define, tahap design, dan tahap development. Tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan juga biaya. Produk yang dikembangkan telah divalidasi oleh validator ahli media dan ahli materi. Produk yang telah divalidasi kemudian diujicobakan secara terbatas yang melibatkan 8 siswa kelas IX SMPN 1 Singosari dengan kemampuan heterogen. Berdasarkan hasil uji kevalidan media diperoleh nilai 3,83; hasil uji kevalidan materi diperoleh nilai 3,83; hasil uji kevalidan angket respon siswa diperoleh nilai 3,6; sehingga media pembelajaran FICTION memenuhi kriteria valid. Sedangkan hasil uji kepraktisan yang dilaksanakan di SMPN I Singosari diperoleh nilai angket respon siswa 3,1, sehingga media pembelajaran FICTION memenuhi kriteria praktis. Sedangkan hasil uji keefeltifan diperoleh tidak ada siswa memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan KKM yaitu 60, sehingga media pembelqiaran FICTION tidak memenuhi kriteria efektif. Berdasarkan hasil tersebut, produk media pembelajaran FICTION yang telah dikembangkan dinyatakan vali4 praktis, namun tidak efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16166

Actions (login required)

View Item View Item