Pengembangan aplikasi m-learning berbasis android pada materi lingkaran untuk kelas VIII-F SMPN 1 Sukodadi / Ahmad Ghufron

Ghufron, Ahmad (2018) Pengembangan aplikasi m-learning berbasis android pada materi lingkaran untuk kelas VIII-F SMPN 1 Sukodadi / Ahmad Ghufron. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Ghufron, Ahmad. 2018. Pengembangan Aplikasi M-Learning Berbasis Android Pada Materi Lingkaran Untuk Kelas VIII-F SMPN 1 Sukodadi. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Syaiful Hamzah Nasution, S.Si, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Aplikasi, Lingkaran, M-learning, Pengembangan, Penelitian dan pengembangan aplikasi ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang merasa kesulitan terhadap materi lingkaran. Dari hasil wawancara terhadap salah guru Matematika di SMPN 1 Sukodadi, penyebab siswa kesulitan terhadap materi lingkaran dikarenakan banyaknya istilah-istilah dan rumus pada materi tersebut dan metode pembelajaran yang diterapkan guru masih menggunakan metode konvensional. Hal ini menyebabkan proses pembelajaran tidak efektif dan membuat siswa merasa bosan sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan maksimal. Pada jaman yang sudah sangat modern ini, teknologi tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi ataupun alat bantu untuk bekerja saja tetapi juga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah dengan menerapkan pembelajaran yang memanfaatkan perangkat bergerak (mobile phone) yang dikemas dengan m-learning berbasis android. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti tertarik untuk mengembangkan suatu aplikasi m-learning berbasis android pada materi lingkaran untuk kelas VIII. Tujuan dari pengembangan aplikasi adalah menghasilkan suatu produk aplikasi m-learning berbasis android yang valid, efektif, dan praktis. Produk aplikasi m-learning berbasis android yang dihasilkan diberi nama MY COFFEE dalam satu file dengan ekstensi apk. Metode pengembangan yang dijadikan acuan adalah metode pengembangan Plomp yang meliputi tiga tahap: (1) preliminary research (penelitian awal), (2) prototype phase (fase prototype), dan (3) assessment phase (fase penilaian). Uji coba yang dilakukan pada penelitian ini adalah uji coba terbatas yang melibatkan 9 siswa kelas VIII SMPN 1 Sukodadi dengan kemampuan heterogen. vi Skor rata-rata hasil validasi media, materi, dan soal evaluasi berturut-turut adalah 4,8; 4,74; dan 4,36, sehingga aplikasi MY COFFEE memenuhi kriteria valid. Sedangkan untuk uji kepraktisan guru menunjukkan rata-rata 4,6 sedangkan untuk rata-rata hasil angket respon siswa adalah 4,3. Sehingga, rata-rata total uji kepraktisan 4,46 . Berdasarkan uraian pada bab III, maka aplikasi MY COFFEE memenuhi kriteria praktis. Dari hasil pekerjaan soal evaluasi siswa , diperoleh hasil rata-rata siswa yang mendaptkan nilai di atas KKM adalah 84,44%. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi MY COFFEE telah memenuhi kriteria efektif. Dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan aplikasi ini telah menghasilkan suatu produk aplikasi m-learning berbasis android yang valid, efektif, dan praktis sehingga layak digunakan alat bantu belajar bagi siswa. Dewan Penguji Anggota, Anggota, Darmawan Setyananda, S.T, M.T NIP. 19730724 199903 1 001 Syaiful Hamzah N , S.Si, S.Pd, M.Pd NIP. 19841123 2011212 1 001 Ketua, Dr. Edy Bambang Irawan, M.Pd NIP. 19600223 198503 1 003

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16165

Actions (login required)

View Item View Item