Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLTV berdasarkan tahapan Newman / Nur Annisa

Annisa, Nur (2018) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLTV berdasarkan tahapan Newman / Nur Annisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Annisa, Nur. 2018. AnalisisKesalahan Siswadalam MenyelesaikanSoalCeritaMateri SPLTV BerdasarkanTahapan Newman. Skripsi, JurusanMatematika, FakultasMatematika dan IlmuPengetahuanAlam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Slamet, M.Si. Kata Kunci :analisiskesalahan, soal cerita,SPLTV,tahapan Newman. Penelitian inidilaksanakandengan tujuan untukmendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan tahapan Newman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam menentukan subjek penelitian, peneliti melakukan tes tulis berupa soal cerita materi sistem persamaan linear tiga variabel pada kelas X MIPA 2 SMA Negeri 9 Malang dengan jumlah 30 siswa.Hasil tes tulis kemudian dievaluasi dan dianalisis berdasarkan tahapan Newman. Empat siswa dengan kesalahan yang beragam dan memenuhi kriteria menjadi subjek penelitian. Dari analisis data diperoleh hasil mengenai bentuk-bentuk kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear tiga variabel yaitu (1) pada tahap memahami, siswa hanya menuliskan satu dari tiga informasi yang diketahui, menuliskan informasi ke dalam bentuk persamaan yang tidak tepat dan tidak menuliskan apa yang ditanyakan pada soal, (2) pada tahap transformasi, siswa tidak menuliskan pemisalan, salah memisalkan variabel dan tidak menuliskan model matematika, (3) pada tahap keterampilan proses, siswa salah dalam mengoperasikan bilangan, mensubtitusi nilai dan tidak menuliskan proses perhitungan secara rinci, (4) pada tahap penulisan jawaban akhir, siswatidak menuliskan kesimpulan, menuliskan kesimpulan tetapi hasilnya salah dan kesimpulan yang dituliskan tidak menjawab pertanyaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16163

Actions (login required)

View Item View Item