Kesalahan siswa kelas VII SMPN 6 Malang dalam menyelesaikan soal cerita pecahan berdasarkan tahapan Newman ditinjau dari gaya belajar / Yessi Rosalina - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesalahan siswa kelas VII SMPN 6 Malang dalam menyelesaikan soal cerita pecahan berdasarkan tahapan Newman ditinjau dari gaya belajar / Yessi Rosalina

Rosalina, Yessi (2018) Kesalahan siswa kelas VII SMPN 6 Malang dalam menyelesaikan soal cerita pecahan berdasarkan tahapan Newman ditinjau dari gaya belajar / Yessi Rosalina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rosalina Yessi. 2018. Kesalahan Siswa Kelas VII SMPN 6 Malang dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan Berdasarkan Tahapan Newman Ditinjau dari Gaya Belajar. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Subanji M.Si. Kata Kunci kesalahan siswa tahapan newman gaya belajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan yang teridentifikasi berdasarkan tahapan Newman dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya belajar dan mendeskripsikan perbedaan kesalahan yang dilakukan siswa pada gaya belajar visual auditori dan kinestetik dalam menyelesaikan soal cerita pecahan berdasarkan tahapan Newman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan instrumen lembar tes penggolongan gaya belajar lembar tes matematika dan wawancara kepada subjek. Subjek terdiri dari enam orang. Subjek dipilih berdasarkan nilai yang paling tinggi diantara setiap gaya belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bentuk-bentuk kesalahan yang dilakukan siswa adalah sebagai berikut (1) pada tahap membaca siswa tidak melakukan kesalahan karena siswa dapat membaca soal serta simbol yang terdapat di dalamnya dengan benar (2) pada tahap memahami siswa tidak melakukan kesalahan karena siswa dapat menjelaskan informasi yang terdapat di dalam soal dengan benar dan lengkap (3) pada tahap transformasi siswa melakukan kesalahan contohnya adalah siswa tidak lengkap dalam mengubah informasi pada soal menjadi suatu operasi matematika (4) pada tahap keterampilan proses siswa melakukan kesalahan contohnya adalah siswa melakukan kesalahan dalam menghitung dan (5) pada tahap penulisan jawaban akhir siswa melakukan kesalahan contohnya adalah siswa menuliskan jawaban yang tidak sesuai dengan maksud soal. Tidak terdapat perbedaan kesalahan yang signifikan pada siswa dengan gaya belajar visual auditori dan kinestetik dalam menyelesaikan soal cerita pecahan pada tahapan Newman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16162

Actions (login required)

View Item View Item