Pengembangan media T-Rec (Triangle and Rectangle) dalam pembelajaran matematika materi segiempat dan segitiga kelas VII / Saju Dwi Ardiyan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media T-Rec (Triangle and Rectangle) dalam pembelajaran matematika materi segiempat dan segitiga kelas VII / Saju Dwi Ardiyan

Ardiyan, Saju Dwi (2018) Pengembangan media T-Rec (Triangle and Rectangle) dalam pembelajaran matematika materi segiempat dan segitiga kelas VII / Saju Dwi Ardiyan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ardiyan Saju Dwi. 2018. Pengembangan Media T-Rec (Triangle And Rectangle) dalam Pembelajaran Matematika Materi Segiempat dan Segitiga Kelas VII . Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Syaiful Hamzah Nasution S.Si M.Pd. Kata kunci interaktif media segiempat segitiga T-Rec. Dari hasil wawancara dengan guru matematika SMPN 2 Sumberpucung didapati bahwa rataan nilai matematika terendah terdapat pada materi geometri. Siswa merasa kesulitan dengan materi geometri karena siswa kesulitan dalam memvisualisasikan objek-objek geometri yang selama ini hanya diajarkan lewat gambar 2D yang tidak interaktif. Materi geometri yang menjadi prasyarat untuk mempelajari materi geometri lainnya pada jenjang SMP adalah mengenai luas dan keliling pada segiempat dan segitiga. Selain itu tersedianya laboratorium komputer serta kemampuan siswa untuk mengoperasikan komputer mendorong pengembang untuk mengembangkan suatu media pembelajaran interaktif. Media ini dikembangkan dengan bantuan software Adobe Animate yang mana dapat dikembangkan suatu media pembelajaran dengan berektensi .swf yang dapat dioperasikan di komputer dengan berbagai sistem operasi seperti Windows macOs Lynux serta Android. Media pembelajaran yang dikembangkan dioperasikan dengan bantuan komputer sehingga diharapkan dapat mempermudah siswa dalam memvisualisasikan objek-objek geometri sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai konsep luas dan keliling pada segiempat dan segitiga. Segiempat adalah poligon yang tepat memiliki 4 sisi. Segiempat memiliki beberapa macam diantaranya jajargenjang layang-layang persegi panjang belah ketupat dan trapesium. Jajargenjang adalah segiempat yang kedua pasang sisinya sejajar. Layang-layang adalah segiempat dengan dua pasang sisi kongruen yang bersebelahan. Persegi panjang adalah jajargenjang yang memiliki satu sudut siku-siku. Persegi adalah persegi panjang yang memiliki dua sisi kongruen yang bersebelahan. Belahketupat adalah jajargenjang dengan dua sisi kongruen yang bersebelahan. Trapesium adalah segiempat yang memiliki tepat dua sisi sejajar. Segitiga adalah poligon yang tepat memiliki 3 sisi. Jika ditinjau dari panjang sisinya terdapat 3 macam segitiga yaitu segitiga samasisi segitiga samakaki dan segitiga sebarang. Jika ditinjau dari besar sudutnya terdapat 3 macam segitiga yaitu segitiga lancip segitiga tumpul dan segitiga siku-siku. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Thiagarajan yaitu Four-D Model. Tahapan dalam modifikasi metode yang dikembangkan oleh Thiagarajan tersebut terdiri dari tiga tahap utama yaitu tahap pembatasan (define) perancangan (design) pengembangan (develop) dan ii penyebarluasan (disseminate). Pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah melalui uji kevalidan keefektifan serta kepraktisan produk yang dikembangkan. Instrumen yang digunakan berupa angket dan perolehan skor evaluasi. Analisis data dilakukan dengan menganalisis hasil validasi materi validasi media uji keefektifan dan uji kepraktisan. Berdasarkan hasil analisis tersebut didapati bahwa (1) media pembelajaran yang dikembangkan telah valid dengan diperoleh rata-rata skor validasi 3 84 sehingga medaia pembelajaran telah layak untuk di uji cobakan kepada siswa. (2) Media pembelajaran ini dapat dikatakan efektif karena siswa telah mampu mendapat nilai diatas 80 dan (3) Hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa media pembelajaran ini dapat dikatakan praktis dengan perolehan skor rata-rata 3 75. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan merupakan media yang valid efektif serta praktis sehingga dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi luas dan keliling segiempat dan segitiga. Mengetahui Penguji I Penguji II Syaiful Hamzah Nasution S.Si M.Pd Mohamad Yasin M.Kom NIP 19841123 201212 1 001 NIP 19710824 199903 1 001 Penguji Utama Dr. Erry Hidayanto M.Si NIP 19660906 199203 1 004

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16161

Actions (login required)

View Item View Item