Pengembangan media pembelajaran matku berbasis android pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP/MTs kelas VIII / Achmad Syaiful Inka Hanggaryani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran matku berbasis android pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP/MTs kelas VIII / Achmad Syaiful Inka Hanggaryani

Hanggaryani, Achmad Syaiful Inka (2018) Pengembangan media pembelajaran matku berbasis android pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP/MTs kelas VIII / Achmad Syaiful Inka Hanggaryani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Hanggaryani A.S.I.2018. Pengembangan Media Pembelajaran MATKU berbasis Android pada Materi Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Syaiful Hamzah Nasution S.Si M.Pd. Kata Kunci Android Bangun Ruang Sisi Datar Media Pembelajaran Saat ini memiliki smartphone bukan merupakan barang mewah lagi sehingga banyak peserta didik yang memilikinya. Namun pemanfaatan smartphone dalam pembelajaran masih belum terlalu banyak dipergunakan. Oleh karena itu perlu dikembangkan media pembelajaran berbasis android yang mampu memvisualisasikan materi pembelajaran serta dapat dijalankan pada smartphone. Sehingga tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui poses pengembangan Media Pembelajaran MATKU (Matematika Saku) pada Materi Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII yang valid praktis dan efektif dan (2) menghasilkan Media Pembelajaran MATKU pada Materi Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII yang valid praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R D) atau penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian ini mengacu pada model plomp yang terdiri dari 5 fase yang kemudian oleh peneliti dimodifikasi menjadi 4 fase yaitu (1) Fase Investigasi Awal (Prelimenary Investigation) (2)Fase Desain (Design) (3)Fase Realisasi/Konstruksi (Realization/ Construction) dan (4) Fase Tes Evaluasi Dan Revisi (Test Evaluation And Revision). Hasil penelitian yang dilakukan di SMPN 2 Kalidawir terdahap 15 siswa kelas VIII menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran yang dikembangkan valid dengan skor kevalidan 4 08 berdasarkan ahli media (2) media pembelajaran yang dikembangkan valid dengan skor kevalidan 4 08 berdasarkan ahli materi vii (3) media pembelajaran yang dikembangkan praktis dengan skor kevalidan 4 71 berdasarkan respon pengguna dengan pengisian angket dan (4) media pembelajaran yang dikembangkan efektif berdasarkan tingkat ketuntasan belajar 15 siswa sebagai subjek uji sebesar 86 67%. Berdasarkan hasil uji media pembelajaran yang dikembangkan peneliti valid praktis dan efektif sehingga dapat dipergunakan dalam pembelajaran matematika khususnya materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16158

Actions (login required)

View Item View Item