Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII F SMP Negeri 8 Malang / Esti Fitriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII F SMP Negeri 8 Malang / Esti Fitriani

Fitriani, Esti (2018) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII F SMP Negeri 8 Malang / Esti Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fitriani Esti. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 8 Malang. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Eddy Budiono M.Pd Kata Kunci Problem Based Learning. Kemampuan Berpikir Kritis Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di kelas VIII F SMP Negeri 8 Malang menunjukan bahwa kemampuan bepikir kritis siswa masih rendah. Hal ini ditunjukkan ketika peneliti memberikan soal berupa permasalahan kepada siswa. Tetapi hanya tardapat 10 siswa yang dapat menuliskan informasi yang diketahui dari 34 siswa dan 6 siswa yang dapat menyimpulkan permasalahan dengan benar. Sedangkan tidak ada siswa yang bisa menuliskan pengetahuan dan alasan pada setiap langkap pengerjaan. Serta tidak ada siswa yang bisa melakukan pengecekan ulang pengerjaan. Perilaku ini menunjukkan bahwa siswa tidak memenuhi indikator berpikir kritis. Oleh karena itu perlu diadakan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran Problem Based Learning yang terdiri dari lima tahap pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa presentase siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kritis mengalami peningkatan dari 18% pada siklus I menjadi 53% pada siklus II. Peningkatan tersebut juga didukung oleh taraf keterlaksanaan pembelajaran yang dapat dilihat dari observasi kegiatan guru yang menunjukkan kategori Baik pada siklus 1 dengan presentase rata-rata skor 72 92% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 87 85% dengan kategori Sangat Baik . Sedangkan untuk observasi kegiatan siswa yang menunjukkan kategori Baik pada siklus I dengan presentase rata-rata skor 69 12% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 81 99% dengan kategori Sangat Baik . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penelitian memenuhi kriteria yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16156

Actions (login required)

View Item View Item