Penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII C SMPN 8 Malang / Lukman Choirurijal - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII C SMPN 8 Malang / Lukman Choirurijal

Choirurijal, Lukman (2018) Penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII C SMPN 8 Malang / Lukman Choirurijal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Choirurijal Lukman. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII C SMPN 8 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Eddy Budiono M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk and Write (TTW) komunikasi Matematis. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti dikelas VIII C SMPN 8 Malang dan wawancara dengan guru matematika kelas tersebut didapatkan bahwa komunikasi matematis tertulis siswa dikelas tersebut masih rendah.Hal ini berdasarkan hasil perkerjaan siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan dan didukung juga oleh hasil wawancara yang dilakukan dengan guru matematika bahwa siswa masih belum dapatmerepresentasi suatu permasalahan kontekstualdengan benar. Berdasarkan penelitian terdahulu tipe pembelajaraan kooperatif yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah Think Talk and Write (TTW). Pada pembelajaran kooperatif tipe TTW melibatkansiswa dalam berpikir dan berkomunikasi dengan temannya sebelummenuliskan kembali penyelesaian dari suatu permasalahan. Dari beberapa permasalahan di atas penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe TTW untukmeningkatkan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi bangun ruang sisi datar. Hal ini karena pada materi bangun ruang sering memunculkan permasalahan-permasalahan kontekstual. Tahapan-tahapan dalam penelitian ini diawali denganperencanaan penelitian dilanjutkan pada pelaksanan tindakan pengamatan serta analisis danrefleksi. Data pada penelitian ini diperoleh dari data observasi aktivitasguru dan siswa serta hasil tes akhir tiap siklus. Hasil pelaksanaan tes akhir siklus pada siklus I diperoleh bahwa dari ke empat kriteria meningkatnya kemampuan kornunikasi matematis siswa hanya duakriteria yang terpenuhi. Dalam hal ini peneliti melanjutkan dengan pelaksanaan siklus II dengan hasil tes akhir siklus memenuhi semua kriteria komunikasi matematis yang telah di tentukan oleh peneliti. Selain itu hasil observasi aktivitas guru dansiswa termasuk dalam kategori Baik . Penguji II Penguji I Dra. Ety T D Cahyowati M.Pd Drs. Eddy Budiono M.Pd NIP 19620318 199002 2 001 NIP 19570321 198812 1 001 Penguji Utama Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd NIP 19600223 198503 1 003 RINGKASAN Choirurijal Lukman. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII C SMPN 8 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Eddy Budiono M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk and Write (TTW) komunikasi Matematis. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti dikelas VIII C SMPN 8 Malang dan wawancara dengan guru matematika kelas tersebut didapatkan bahwa komunikasi matematis tertulis siswa dikelas tersebut masih rendah.Hal ini berdasarkan hasil perkerjaan siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan dan didukung juga oleh hasil wawancara yang dilakukan dengan guru matematika bahwa siswa masih belum dapatmerepresentasi suatu permasalahan kontekstualdengan benar. Berdasarkan penelitian terdahulu tipe pembelajaraan kooperatif yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah Think Talk and Write (TTW). Pada pembelajaran kooperatif tipe TTW melibatkansiswa dalam berpikir dan berkomunikasi dengan temannya sebelummenuliskan kembali penyelesaian dari suatu permasalahan. Dari beberapa permasalahan di atas penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe TTW untukmeningkatkan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi bangun ruang sisi datar. Hal ini karena pada materi bangun ruang sering memunculkan permasalahan-permasalahan kontekstual. Tahapan-tahapan dalam penelitian ini diawali denganperencanaan penelitian dilanjutkan pada pelaksanan tindakan pengamatan serta analisis danrefleksi. Data pada penelitian ini diperoleh dari data observasi aktivitasguru dan siswa serta hasil tes akhir tiap siklus. Hasil pelaksanaan tes akhir siklus pada siklus I diperoleh bahwa dari ke empat kriteria meningkatnya kemampuan kornunikasi matematis siswa hanya duakriteria yang terpenuhi. Dalam hal ini peneliti melanjutkan dengan pelaksanaan siklus II dengan hasil tes akhir siklus memenuhi semua kriteria komunikasi matematis yang telah di tentukan oleh peneliti. Selain itu hasil observasi aktivitas guru dansiswa termasuk dalam kategori Baik . Penguji II Penguji I Dra. Ety T D Cahyowati M.Pd Drs. Eddy Budiono M.Pd NIP 19620318 199002 2 001 NIP 19570321 198812 1 001 Penguji Utama Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd NIP 19600223 198503 1 003 RINGKASAN Choirurijal Lukman. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII C SMPN 8 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Eddy Budiono M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk and Write (TTW) komunikasi Matematis. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti dikelas VIII C SMPN 8 Malang dan wawancara dengan guru matematika kelas tersebut didapatkan bahwa komunikasi matematis tertulis siswa dikelas tersebut masih rendah.Hal ini berdasarkan hasil perkerjaan siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan dan didukung juga oleh hasil wawancara yang dilakukan dengan guru matematika bahwa siswa masih belum dapatmerepresentasi suatu permasalahan kontekstualdengan benar. Berdasarkan penelitian terdahulu tipe pembelajaraan kooperatif yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah Think Talk and Write (TTW). Pada pembelajaran kooperatif tipe TTW melibatkansiswa dalam berpikir dan berkomunikasi dengan temannya sebelummenuliskan kembali penyelesaian dari suatu permasalahan. Dari beberapa permasalahan di atas penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe TTW untukmeningkatkan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi bangun ruang sisi datar. Hal ini karena pada materi bangun ruang sering memunculkan permasalahan-permasalahan kontekstual. Tahapan-tahapan dalam penelitian ini diawali denganperencanaan penelitian dilanjutkan pada pelaksanan tindakan pengamatan serta analisis danrefleksi. Data pada penelitian ini diperoleh dari data observasi aktivitasguru dan siswa serta hasil tes akhir tiap siklus. Hasil pelaksanaan tes akhir siklus pada siklus I diperoleh bahwa dari ke empat kriteria meningkatnya kemampuan kornunikasi matematis siswa hanya duakriteria yang terpenuhi. Dalam hal ini peneliti melanjutkan dengan pelaksanaan siklus II dengan hasil tes akhir siklus memenuhi semua kriteria komunikasi matematis yang telah di tentukan oleh peneliti. Selain itu hasil observasi aktivitas guru dansiswa termasuk dalam kategori Baik . Penguji II Penguji I Dra. Ety T D Cahyowati M.Pd Drs. Eddy Budiono M.Pd NIP 19620318 199002 2 001 NIP 19570321 198812 1 001 Penguji Utama Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd NIP 19600223 198503 1 003 RINGKASAN Choirurijal Lukman. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII C SMPN 8 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Eddy Budiono M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk and Write (TTW) komunikasi Matematis. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti dikelas VIII C SMPN 8 Malang dan wawancara dengan guru matematika kelas tersebut didapatkan bahwa komunikasi matematis tertulis siswa dikelas tersebut masih rendah.Hal ini berdasarkan hasil perkerjaan siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan dan didukung juga oleh hasil wawancara yang dilakukan dengan guru matematika bahwa siswa masih belum dapatmerepresentasi suatu permasalahan kontekstualdengan benar. Berdasarkan penelitian terdahulu tipe pembelajaraan kooperatif yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah Think Talk and Write (TTW). Pada pembelajaran kooperatif tipe TTW melibatkansiswa dalam berpikir dan berkomunikasi dengan temannya sebelummenuliskan kembali penyelesaian dari suatu permasalahan. Dari beberapa permasalahan di atas penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe TTW untukmeningkatkan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi bangun ruang sisi datar. Hal ini karena pada materi bangun ruang sering memunculkan permasalahan-permasalahan kontekstual. Tahapan-tahapan dalam penelitian ini diawali denganperencanaan penelitian dilanjutkan pada pelaksanan tindakan pengamatan serta analisis danrefleksi. Data pada penelitian ini diperoleh dari data observasi aktivitasguru dan siswa serta hasil tes akhir tiap siklus. Hasil pelaksanaan tes akhir siklus pada siklus I diperoleh bahwa dari ke empat kriteria meningkatnya kemampuan kornunikasi matematis siswa hanya duakriteria yang terpenuhi. Dalam hal ini peneliti melanjutkan dengan pelaksanaan siklus II dengan hasil tes akhir siklus memenuhi semua kriteria komunikasi matematis yang telah di tentukan oleh peneliti. Selain itu hasil observasi aktivitas guru dansiswa termasuk dalam kategori Baik .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16151

Actions (login required)

View Item View Item