Pengembangan media pembelajaran tutorfcom berbasis android materi fungsi komposisi untuk kelas X / Rahmat Safaluddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran tutorfcom berbasis android materi fungsi komposisi untuk kelas X / Rahmat Safaluddin

Safaluddin, Rahmat (2018) Pengembangan media pembelajaran tutorfcom berbasis android materi fungsi komposisi untuk kelas X / Rahmat Safaluddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Safaluddin Rahmat. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran TutorFcom Berbasis Android Materi Fungsi Komposisi untuk Kelas X. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universistas Negeri Malang Pembimbing Edy Bambang Irawan Dr. M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran Android Fungsi Komposisi Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru matematika di MAN Kota Batu saat KPL bahwa proses pembelajaran matematika belum menggunakan media pembelajaran dan saat itu dengan fasilitas yang ada hanya menggunakan media pembelajaran berbentuk power point dengan tampilan visual yang dapat dilihat siswa disaat pembelajaran berlangsung. Media yang hanya berlangsung seminggu sekali pun terkadang menjadi kendala pada proses pembelajaran karena sifat lupa siswa terhadap materi yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya. Oleh karena itu diperlukan sebuah media pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan siswa lingkungan belajar siswa serta kondisi siswa yang mudah diakses dan dapat mendukung proses pembelajaran baik di dalam maupun di luar kegiatan belajar-mengajar di sekolah. Berdasarkan data sebuah lembaga riset yang dikutip di okezone.com pada pertangahan tahun 2016 menyebutkan bahwa 96% pengguna smartphone tertinggi ada di Indonesia. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa siswa MAN Kota Batu masih sangat jarang mengguna smartphone android sebagai media pembelajaran rata-rata di kalangan siswa digunakan sebagai aplikasi hiburan seperti sosial media permainan musik kamera dan lain sebagainya. Model penelitian dan Pengembangan yang dilakukan mengacu pada model Research and Development (R D) yang dimodifikasi dari tahapan Sugiyono (2013 334-335). Produk divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Selain itu produk di uji cobakan kepada pengguna yaitu guru dan siswa untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan produk. Teknik analisisi data yang digunakan adalah teknik dari Hobri (2010 52-53). Berdasarkan hasil uji kevalidan oleh ahli media rata-rata totalnya adalah 3 46 sedangkan rata-rata total validasi ahli materi adalah 3 33 maka hasil tersebut masuk dalam kategori valid media valid adalah media yang memiliki kebenaran isi secara teori dan juga tepat secara konstruksi. Untuk hasil uji kepraktisan terhadap guru dan siswa dengan rata-rata total berturut turut adalah 3 64 dan 3 49 maka hasil tersebut masuk dalam kategori Praktis. Dan keefektifan media yang dilakukan kepada 10 siswa menunjukan bahwa 80% siswa dinyatakan tuntas sehingga dapat ii disimpulkan bahwa media aplikasi TutorFcom efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi fungsi komposisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16150

Actions (login required)

View Item View Item