Hubungan antara rasa percaya diri dan pengungkapan diri siswa SMA unggulan / Maretha Ari Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara rasa percaya diri dan pengungkapan diri siswa SMA unggulan / Maretha Ari Pratama

Pratama, Maretha Ari (2009) Hubungan antara rasa percaya diri dan pengungkapan diri siswa SMA unggulan / Maretha Ari Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Percaya diri merupakan perasaan percaya dan yakin akan kemampuan yang dimiliki yang dapat membantu seseorang untuk memandang dirinya dengan positif dan realistis sehingga orang tersebut mampu bersosialisasi dan berkomunikasi secara baik dengan orang lain (Hurlock 1976 211). Berkomunikasi dengan orang lain perlu adanya proses pengungkapan diri. Keyakinan yang harus dimiliki oleh individu agar dengan sukarela mampu melakukan pengungkapan diri yaitu rasa percaya diri. Orang yang percaya diri selalu yakin dan bertanggung jawab pada setiap tindakan yang dilakukannya. Seseorang yang percaya diri akan selalu berpikiran positif dan bertindak realistis untuk mencapai tujuan dalam hidupnya. Dengan energi positifnya tersebut individu akan memiliki keberanian untuk berbagi informasi tentang dirinya pada orang lain. Pemberian informasi semacam ini dikenal sebagai pengungkapan diri (Johnson 1990). Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh gambaran deskriptif mengenai tingkat percaya diri siswa (2) memperoleh gambaran deskriptif mengenai kadar pengungkapan diri siswa dan (3) memperoleh gambaran deskriptif mengenai hubungan antara rasa percaya diri dan pengungkapan diri siswa kelas X SMA Unggulan Zainul Hasan Genggong Kabupaten Probolinggo. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Unggulan Zainul Hasan Genggong Kabupaten Probolinggo dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 78 siswa. Cara pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner percaya diri dan kuesioner pengungkapan diri. Teknik analisis data menggunakan dua cara yaitu analisis data statistik deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebaran tingkat percaya diri siswa kelas X SMA Unggulan Zainul Hasan Genggong Kabupaten Probolinggo sebagian besar berada pada kriteria sedang dengan persentase 39 74%. Sedangkan sebaran kadar pengungkapan diri siswa kelas X SMA Unggulan Zainul Hasan Genggong Kabupaten Probolinggo sebagian besar berada pada kriteria rendah dengan persentase 32 05%. Dari hasil uji korelasi product moment diketahui bahwa nilai rxy (0 521) dari rtabel (0 220) pada taraf signifikansi 0 05 sehingga H1 dalam penelitian ini yang berbunyi ada hubungan yang signifikan antara rasa percaya diri dan pengungkapan diri siswa kelas X SMA Unggulan Zainul Hasan Genggong Kabupaten Probolinggo diterima dan Ho yang berbunyi tidak ada hubungan antara rasa percaya diri dan pengungkapan diri siswa kelas X SMA Unggulan Zainul Hasan Genggong Kabupaten Probolinggo ditolak. Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang dapat diberikan kepada konselor sekolah adalah (a) Bagi siswa yang memiliki tingkat percaya diri tinggi konselor dapat lebih mengembangkan layanan bimbingan pribadi dan sosial yang berkaitan dengan rasa percaya diri siswa agar mereka tidak sampai memiliki rasa percaya diri yang rendah. Sedangkan bagi siswa yang diketahui memiliki tingkat percaya diri rendah dapat dibantu dengan memberikan konseling individu atau konseling kelompok (b) Memberikan layanan informasi tentang arti pentingnya memiliki kadar pengungkapan diri yang tinggi atau dalam bagi kehidupan seseorang dan (c) Di dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa konselor hendaknya memperhatikan batasan dalam Budaya Timur Agama khususnya Islam dan perbedaan jenis kelamin siswa. Di samping itu saran bagi peneliti selanjutnya yang ingin mengadakan penelitian dengan topik yang sama diharapkan dapat menambahkan materi-materi dalam instrumen yang digunakan sehingga data hasil penelitian dapat lebih akurat. Peneliti juga diharapkan dapat mengembangkan populasi atau wilayah penelitiannya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1615

Actions (login required)

View Item View Item