Analisis literasi keuangan pada santri pondok pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi / Indana Almas Azhar - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis literasi keuangan pada santri pondok pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi / Indana Almas Azhar

Azhar, Indana Almas (2020) Analisis literasi keuangan pada santri pondok pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi / Indana Almas Azhar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaan pendidikan keuangan merupakan kebutuhan yang diperlukan bagi setiap santri. Hal tersebut terjadi karena aktifitas santri yang tidak bisa dilepaskan dari aktifitas ekonomi termasuk dalam menggunakan uang yang dimiliki untuk konsumsi dan tabungan. Pengambilan keputusan tentang keuangan juga harus dilakukan untuk menghindarkan santri dari permasalahan keuangan. Fokus dalam penelitian ini yaitu (1) literasi keuangan yang diterapkan pada santri pondok pesantren (2) pengelolaan uang saku santri pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian berada di Pondok Pesantren Darussalam Banyuwangi. Pemilihan informan kunci dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dengan kriteria yaitu (1) menetap dipondok pesantren (2) mengelola keuangannya secara mandiri dan memiliki tabungan (3) serta menetap dipesantren tiga tahun lebih. Penelitian ini menggunakan empat teknik pengumpulan data yaitu observasi wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan. Tahap-tahapan penelitian meliputi tahap pra lapangan penelitian lapangan serta penyusunan laporan. Hasil penelitian menunjukkan literasi keuangan santri sudah diterapkan meskipun belum sepenuhnya maksimal. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya skala prioritas dalam konsumsi tabungan pendidikan tingkat pendidikan kondisi keuangan orang tua lingkungan yang mempengaruhi serta pengelolaan uang saku santri yang diterapkan dengan membuat anggaran pencatatan dan pengawasan. Kesimpulan yang diambil yaitu literasi keuangan para santri berbeda-beda. Semakin baik literasi keuangan yang dimiliki biasanya semakin besar tingkat pemahaman keuangan dan pengelolaan uang sakunya sehingga dapat menghindarkan dari permasalahan keuangan. Saran dalam penelitian ini yaitu (1) peneliti selanjutnya diharapkan mampu mengupas lebih mendalam (2) bagi pesantren dapat digunakan untuk mengetahui kondisi keuangan para santri dipondok (3) bagi orang tua agar selalu mengawasi keuangan anaknya dipesantren.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161483

Actions (login required)

View Item View Item