implementasi e-learning ditinjau dari kesiapan guru dan evaluasi pembelajaran di masa pandemi covid-19 (studi pada guru ekonomi sma di kota malang) / haris amrullah - Repositori Universitas Negeri Malang

implementasi e-learning ditinjau dari kesiapan guru dan evaluasi pembelajaran di masa pandemi covid-19 (studi pada guru ekonomi sma di kota malang) / haris amrullah

Amrullah, Haris Amrullah (2021) implementasi e-learning ditinjau dari kesiapan guru dan evaluasi pembelajaran di masa pandemi covid-19 (studi pada guru ekonomi sma di kota malang) / haris amrullah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi Covid-19 membuat pembelajaran dilaksanakan menggunakan konsep Belajar Dari Rumah (BDR) atau e-learning. pembelajaran menggunakan e-learning bukan hal yang familier bagi guru di Indonesia yang terbiasa menggunakan pembelajaran secara tatap muka. Fokus penelitian ini adalah memberikan sebuah gambaran serta kesiapan dibalik pelaksanaan pembelajaran e-learning selama kondisi pandemi covid-19 terutama pada proses perencanaan pembelajaran pembuatan konten pembelajaran dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran oleh para guru di SMA Kota Malang terutama pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Sumber primer diambil melalui wawancara dengan guru ekonomi SMAN 1 Malang SMAN 3 Malang SMAN 6 Malang dan SMA Muhammadiyah 1. Data sekunder diambil dari dokumen yang mendukung data yang dikumpulkan. Informan sejumlah 4 orang guru ekonomi. Pemilihan lokasi dan subjek penelitian didasarkan pada pemanfaatan e-learning yang terorganisasi dengan memanfaatkan sistem manajemen belajar di sekolah. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles amp Huberman dan uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian pertama berkaitan dengan Pembelajaran e-learning mata pelajaran ekonomi SMA di Kota Malang selama pandemi covid-19 dapat dikatakan siap untuk dilaksanakan. Hasil kedua berkaitan dengan kesiapan guru dalam penyusunan rencana pembelajaran menunjukkan guru ekonomi dalam menyusun perencanaan pembelajaran e-learning selama pandemi dapat dikatakan siap namun dalam pembuatan konten pembelajaran guru ekonomi masih kurang siap. Hasil penelitian yang terakhir berkaitan dengan pelaksanaan Evaluasi pembelajaran menggunakan pembelajaran e-learning selama pandemi covid-19 masih tergolong kurang siap. Saran peneliti (1) adanya penambahan dan pemerataan sarana dan prasarana e-learning untuk peserta didik. (2) menambah pelatihan dan bimbingan terhadap guru ekonomi SMA yang dikordinasi meningkatkan kompetensi pembelajaran. (3) bekerja sama dengan content creator menciptakan konten dan evaluasi pembelajaran inovatif (4) guru memanfaatkan aplikasi modern untuk menyampaikan materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161480

Actions (login required)

View Item View Item