Pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan media sedotan berbasis penemuan terbimbing tentang segiempat di kelas VII / Nur Rofidah Diyanah

Diyanah, Nur Rofidah (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan media sedotan berbasis penemuan terbimbing tentang segiempat di kelas VII / Nur Rofidah Diyanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Diyanah, Nur Rofidah. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Menggunakan Media Sedotan Berbasis Penemuan Terbimbing tentang Segiempat di Kelas VII. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Drs. Gatot Muhsetyo, M.Sc. Kata Kunci: RPP, LKS, media sedotan, penemuan terbimbing, segiempat. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Berdasarkan data statistik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2017, menunjukkan bahwa terjadi penurunan rata-rata nilai Ujian Nasional matematika pada SMP/ MTs. Salah satu penyebabnya adalah permasalahan pelaksanaan pembelajaran yang masih kerap terjadi yaitu banyak guru yang merasa nyaman dengan pembelajaran berpusat pada guru. Berdasarkan hasil studi pendahuluan tentang hubungan dan sifat segiempat pada kelas VII di SMP Negeri 9 Malang, sebagian besar siswa menganggap bahwa bangun-bangun segiempat merupakan bangun-bangun yang terpisah dan tidak memiliki keterkaitan. Terbukti dengan data yang diperoleh bahwa hanya 14% dari seluruh siswa yang menyatakan bahwa jajar genjang dan persegi panjang memiliki kesamaan yaitu dua pasang sisi yang sejajar. 36% dari siswa yang diteliti menyatakan bahwa persegi adalah bagian dari persegi panjang dan hanya 14% siswa dari siswa yang diteliti menyatakan bahwa persegi panjang merupakan bagian dari jajar genjang. Selain itu penggunaan media yang sederhana, mudah didapat, dan tidak berbahaya masih jarang dijumapai pada kegiatan pembelajaran. Sehingga penggunaan media sedotan merupakan salah inovasi dalam media pembelajaran bagi siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengembanngkan Perangkat Pembelajaran dengan Menggunakan Media Sedotan Berbasis Penemuan Terbimbing tentang Segiempat di Kelas VII yang valid, praktis dan efektif. Penelitian dilakukan di SMP Islam Baitul Makmur Malang. Model yang digunakan di dalam pengembangan ini adalah model yang dikembangkan oleh Plomp. Pengembangan ini terdiri dari (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi/ konstruksi, dan (4) fase tes, evaluasi dan revisi. Produk yang telah dikembangkan kemudian divalidasi oleh dua orang validator, yaitu dosen matematika Universitas Negeri Malang dan guru matematika SMP Islam Baitul Makmur Malang. Uji coba dilakukan kepada 16 siswa kelas VIII SMP Islam Baitul Makmur Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16148

Actions (login required)

View Item View Item