Analisis tarik wisata pantai Karanggongso untuk pemberdayaan masyarakat Kabupaten Trenggalek / Sony Andika - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis tarik wisata pantai Karanggongso untuk pemberdayaan masyarakat Kabupaten Trenggalek / Sony Andika

Andika, Sony (2020) Analisis tarik wisata pantai Karanggongso untuk pemberdayaan masyarakat Kabupaten Trenggalek / Sony Andika. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pariwisata erat kaitannya dengan kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh wisatawan untuk mencari kesenangan. Daya tarik wisata (DTW) adalah segala sesuatu yang memuat keunikan keindahan aspek budaya dan hasil buatan manusia. Daya tarik wisata adalah ujung tombak dalam keberlangsungan pariwisata. Pantai Karanggongso dengan luas wilayah sekitar 4 ha dan panjang 1 km dikenal dengan sebutan pantai pasir putih. Pantai ini berada di Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek Jawa Timur. Apabila pariwisata ingin mencapai potensinya dalam memberikan kontribusi terhadap pembangunan sosial ekonomi maka dibutuhkan tenaga kerja yang terampil sehingga mendapatkan keuntungan dari lapangan kerja dan peluang bisnis yang disajikan oleh pariwisata. Maka upaya harus selalu dilakukan untuk mendidik penduduk setempat tentang dampak pengembangan pariwisata di masyarakat mereka. Kurangnya pengelolaan wisata bisa dilihat dari keadaan sarana dan prasarana wisata yang ada dibeberapa tempat wisata yang belum lengkap dan cenderung tidak terawat ditambah lagi peran serta masyarakat yang masih rendah mengenai pariwisata. Masalah sampah yang sering dijumpai di sekitar lokasi Pantai Karanggongso sehingga dapat mencemari lingkungan dan alam sekitar. Fokus pada penelitian ini adalah mendeskripsikan daya tarik wisata Pantai Karanggongso untuk pemberdayaan masyarakat Kabupaten Trenggalek mengidentifikasi faktor internal dan eksternal daya tarik wisata Pantai Karanggongso menganalisis strategi pengembangan daya tarik wisata menggunakan SWOT dampak pengembangan daya tarik wisata terhadap pemberdayaan masyarakat. Metode dari penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam observasi catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk mengetahui kredibilitas informasi data yang dikumpulkan dari penelitian kualitatif sehingga mengandung nilai kebenaran dan dapat dipertanggung jawabkan maka peneliti menggunakan triangulasi dan expert opinion pada pengecekan keabsahan temuan ini. Subjek penelitian dari Dinas Pariwisata Trenggalek dan Pokdarwis. Hasil penelitan menunjukkan bahwa daya tarik wisata dari Pantai Karanggongso meliputi tiga elemen penting yakni alam budaya hasil buatan manusia dan atraksi wisata. Berdasarkan matriks IFAS diperoleh nilai 1 02 dan matriks EFAS dengan nilai 1 28. Berdasarkan matriks SPACE menunjukkan bahwa Pantai Karanggongso berada di kuadran I (SO). Dampak pengembangan DTW terhadap permberdayaan masyarakat adalah menumbuhkan kesadaran wisata daya kemandirian berwirausaha meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161462

Actions (login required)

View Item View Item