Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika pada Pokok Bahasan Bentuk Aljabar untuk Siswa Kelas VII SMP / Fathimatuzzahra

Fathimatuzzahra (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika pada Pokok Bahasan Bentuk Aljabar untuk Siswa Kelas VII SMP / Fathimatuzzahra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fathimatuzzahra. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika pada Pokok Bahasan Bentuk Aljabar untuk Siswa Kelas VII SMP. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Indriati Nurul Hidayah, S. Pd, M. Si. Kata Kunci : media pembelajaran, komik, bentuk aljabar Komik adalah media visual berupa gambar dan simbol-simbol lain yang saling berdampingan dan dalam urutan tertentu yang bertujuan untuk menyampaikan informasi. Komik merupakan salah satu media visual yang diminati anakanak. Selain digunakan sebagai media hiburan, saat ini komik juga digunakan sebagai media pembelajaran. Salah satu materi yang bisa disajikan dalam bentuk komik adalah bentuk aljabar. Bentuk aljabar penting untuk dipelajari, karena manfaatnya bagi siswa sebagaimana yang telah diungkapkan oleh Edsource (2009) bahwa aljabar bisa digunakan untuk menemukan potongan yang hilang dari teka-teki matematis atau kehidupan nyata, menstimulus otak siswa untuk belajar berpikir dengan cara baru sehingga mudah bagi mereka untuk membuat tanggapan yang masuk akal ketika dihadapkan dengan situasi yang rumit atau dinamis. Namun, berdasarkan observasi terhadap siswa kelas VIII C dan VIII D SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang pada tahun 2014, masih banyak siswa yang belum mengerti tentang konsep variabel dalam bentuk aljabar dan operasi bilangan bulat sebagai kompetensi prasyarat. Kemudian, berdasarkan data Trends In International Mathematics and Science Study (TIMSS) pada tahun 2011, Indonesia menempati peringkat 38 dengan skor 386, di bawah rata-rata skor internasional. Aljabar menjadi salah satu pengetahuan matematika yang dinilai dalam TIMSS. Maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa terhadap bentuk aljabar masih rendah. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian pengembangan media pembelajaran komik matematika yang valid, praktis dan efektif pada pokok bahasan bentuk aljabar.Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran komik matematika pada pokok bahasan bentuk aljabar yang valid, praktis, dan efektif untuk siswa kelas VII SMP, (2) Untuk memperoleh media pembelajaran komik matematika pada pokok bahasan bentuk aljabar yang valid, praktis, dan efektif untuk siswa kelas VII SMP. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah modifikasi model pengembangan 4-D dari Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel menjadi model pengembangan 3-D. Model pengembangan 3-D menghilangkan tahap disseminate (penyebaran) karena adanya keterbatasan waktu dan biaya. Adapun prosedur pengembangan terdiri atas tiga tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Desain uji coba yang digunakan adalah One Shot Study Case, dimana terdapat satu kelas diberi media pembelajaran komik lalu dianalisis hasilnya setelah menggunakan media komik. Uji coba dilakukan kepada sembilan siswa MTs Al Huda, Sawojajar, Malang pada bulan Desember 2017.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16146

Actions (login required)

View Item View Item