Pengembangan Media Pembelajaran Manipulatif TRANSMETRI untuk Membelajarkan Siswa tentang Transformasi Geometri di SMP / Sofi Selawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Media Pembelajaran Manipulatif TRANSMETRI untuk Membelajarkan Siswa tentang Transformasi Geometri di SMP / Sofi Selawati

Selawati, Sofi (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Manipulatif TRANSMETRI untuk Membelajarkan Siswa tentang Transformasi Geometri di SMP / Sofi Selawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Selawati Sofi. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Manipulatif TRANSMETRI untuk Membelajarkan Siswa tentang Transformasi Geometri di SMP. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. Kata Kunci media pembelajaran manipulatif media pembelajaran matematika transformasi geometri Transformasi geometri merupakan salah satu materi dalam mata pelajaran matematika di sekolah menengah. Siswa sekolah menengah masih banyak mengalami miskonsepsi dan kesulitan dalam memahami konsep dasar pada materi transformasi geometri (Ozerem 2012 31). Pembelajaran matematika sebaiknya didesain menggunakan bahan manipulatif sehingga dapat merangsang siswa untuk mengembangkan gagasan dan memanfaatkan sumber belajar yang ada. Namun saat ini tidak banyak terdapat media pembelajaran manipulatif untuk materi transformasi geometri di SMP yang sederhana namun dapat memfasilitasi siswa untuk mengonstruksi sendiri konsep transformasi geometri. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengkaji proses dan menghasilkan produk media pembelajaran manipulatif TRANSMETRI pada materi transformasi geometri di SMP yang valid praktis dan efektif. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analyze (Tahap Analisis) Design (Tahap Perencanaan) Develop (Tahap Pengembangan) Implement (Tahap Implementasi) dan Evaluate (Tahap Evaluasi). Model ini dipilih karena sesuai dengan kebutuhan peneliti dalam penelitian pengembangan yang akan dilakukan. Pada penelitian ini dilakukan uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh dua validator yaitu seorang dosen matematika dan seorang guru matematika di SMP. Setelah media dinyatakan valid maka media diujicobakan kepada 10 siswa SMP kelas VIII. Uji kepraktisan dilakukan melalui pemberian angket respon siswa. Uji keefektifan dilakukan melalui pemberian tes evaluasi pada akhir pembelajaran. Hasil uji keefektifan diperoleh dari presentase siswa yang memenuhi ketuntasan belajar minimal 75.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16145

Actions (login required)

View Item View Item