Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Open-Ended Problem untuk Merangsang Kreativitas Siswa Kelas VII pada Materi Segiempat dan Segitiga / Trio Habibatur Rahma Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Open-Ended Problem untuk Merangsang Kreativitas Siswa Kelas VII pada Materi Segiempat dan Segitiga / Trio Habibatur Rahma Utami

Utami, Trio Habibatur Rahma (2018) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Open-Ended Problem untuk Merangsang Kreativitas Siswa Kelas VII pada Materi Segiempat dan Segitiga / Trio Habibatur Rahma Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Muhsetyo M.Sc Kata Kunci LKS open-ended problem kemampuan berpikir kreatif segiempat dan segitiga Berdasarkan Lampiran Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses diketahui bahwa proses pembelajaran seharusnya mampu memberikan ruang yang cukup bagi siswa untuk mengembangkan kreativitas atau kemampuan berpikir kreatif khususnya kemampuan berpikir kreatif dalam bidang matematika. Namun berdasarkan dialog bersama guru matematika SMP Negeri 1 Singosari dapat diketahui bahwa proses pembelajaran matematika hanya memanfaatkan buku soal latihan dari guru dan LKS dengan soal yang bersifat tertutup sebagai sumber belajar. Selain itu materi segiempat dan segitiga yang seharusnya telah ditempuh siswa sejak sekolah dasar juga masih belum dipahami siswa dengan baik. Tidak tersedianya sumber belajar yang mampu meningkatkan partisipasi siswa tersebut menyebabkan minimnya kemungkinan siswa untuk berperan aktif dalam kelas dan mengembangkan kemampuan berpikir kreatif yang dimilikinya. Kemampuan berpikir kreatif dapat ditingkatkan dengan penggunaan masalah open-ended dalam pembelajaran. Oleh sebab itu pengembangan lembar kegiatan siswa berbasis open-ended problem pada pembelajaran matematika merupakan hal yang perlu dilakukan. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengembangkan lembar kegiatan siswa yang valid praktis dan efektif dalam pembelajaran untuk membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian 4D-Model yang dimodifikasi yaitu dengan melakukan langkah penelitian yaitu 1) Define 2) Design dan 3) Development. Produk yang telah dikembangkan kemudian divalidasi oleh 2 validator yaitu validator ahli dan validator pembelajaran. Subjek uji coba lapangan terdiri dari 15 siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Singosari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16144

Actions (login required)

View Item View Item