Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif menglitik berbasis komputer pada materi lingkarang untuk siswa kelas XI / Robert Syarifudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif menglitik berbasis komputer pada materi lingkarang untuk siswa kelas XI / Robert Syarifudin

Syarifudin, Robert (2018) Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif menglitik berbasis komputer pada materi lingkarang untuk siswa kelas XI / Robert Syarifudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Syarifudin Robert. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif MENGLITIK Berbasis Komputer pada Materi Lingkaran untuk Siswa Kelas XI. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing Latifah Mustofa L. S.Si M.Pd. Kata Kunci media berbasis komputer media pembelajaran matematika lingkaran Salah satu materi pada mata pelajaran matematika yang harus dipelajari oleh siswa SMA kelas XI peminatan IPA adalah lingkaran. Berdasarkan dialog yang dilakukan dengan guru dan siswa MAN 2 Kota Kediri diketahui bahwa materi lingkaran adalah materi yang sulit dipahami siswa jika pembelajaran hanya berpedoman pada buku teks. Oleh karena itu pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbasis komputer pada materi lingkaran dapat menjadi salah satu alternatif solusi untuk membantu siswa mengatasi kesulitan yang dialami saat mempelajari materi lingkaran sekaligus mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika interaktif berbasis komputer pada materi lingkaran yang valid praktis dan efektif. Media pembelajaran tersebut diberi nama MENGLITIK. Materi yang dimuat dalam media meliputi persamaan lingkaran posisi titik terhadap lingkaran dan posisi garis terhadap lingkaran. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analyze Design Develop Implement and Evaluate). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah sebanyak 39 siswa kelas XI IPA 4 MAN 2 Kota Kediri. Media yang dikembangkan telah melalui uji validitas uji kepraktisan dan uji keefektifan. Uji validitas dilakukan oleh dua validator ahli yang terdiri dari satu dosen Matematika Universitas Negeri Malang (UM) dan satu guru matematika MAN 2 Kota Kediri. Uji kepraktisan dilakukan oleh seluruh subjek uji coba dan satu guru matematika sebagai observer dengan mengisi angket kepraktisan. Uji keefektifan dilakukan dengan memberikan kuis pada seluruh subjek uji coba setelah menggunakan produk dalam proses pembelajaran. vii Hasil penelitian dan pengembangan berdasarkan teknik analisis data yang diadaptasi dan dimodifikasi dari Hobri (2010 52-56) menunjukkan nilai kevalidan media 3 33 dan kevalidan materi 3 50 sehingga media dinyatakan valid nilai kepraktisan media 3 13 dari siswa dan 3 78 dari guru sehingga media dinyatakan praktis serta 86 84% siswa memperoleh rata-rata nilai kuis lebih dari atau sama dengan KKM yaitu 78 sehingga media dinyatakan efektif . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika interaktif MENGLITIK berbasis komputer pada materi lingkaran yang telah dikembangkan dinyatakan valid praktis dan efektif sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16143

Actions (login required)

View Item View Item