Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi Sistem Pertidaksamaan Linier Dua variabel untuk siswa kelas X / Zukhrufatul Mukhlisa

Mukhlisa, Zukhrufatul (2018) Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi Sistem Pertidaksamaan Linier Dua variabel untuk siswa kelas X / Zukhrufatul Mukhlisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Mukhlisa, Zukhrufatul. 2018. Pengembangan Media Berbasis Android pada Materi Sistem Pertidaksamaan Linier Dua Variabel untuk Siswa Kelas X. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Abd. Qohar, Dr. M. T. Kata kunci: media berbasis android, android, sistem pertidaksamaan linier dua variabel. Dari pengalaman kajian penelitian lapangan peneliti bahwa siswa SMA kesulitan pada materi sistem pertidaksamaan linier dua variabel. Dibuktikan dengan adanya beberapa kesalahan yang dilakukan oleh siswa ketika mengerjakan soal-soal latihan. Apabila soal diubah atau tidak sesuai dengan contoh yang diberikan guru, siswa akan merasa kesulitan dalam menyelesaiakan soal-soal tersebut. Kesalahan tersebut antara lain berupa kesalahan menggambar daerah penyelesaian pertidaksamaan, konsep, dan perhitungan. Guru merasa diperlukan suatu media pembelajaran dengan pengemasan pembelajaran yang menarik dan memungkinkan siswa terlibat aktif di dalamnya sehingga pembelajaran matematika bisa bermakna bagi siswa dan termotivasi untuk meningkatkan kemampuan dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem pertidaksamaan linier dua variabel. Kesulitan tersebut harus diatasi dengan suatu inovasi pembelajaran yang baru di mana pembelajaran matematika materi sistem pertidaksamaan linier dua variabel disampaikan melalui media pembelajaran berbasis android. Media pembelajaran berbasis android yang dihasilkan diharapkan dapat melatih keterampilan siswa dalam mengerjakan soal dengan sistem konstruktivisme pada materi sistem pertidaksamaan linier dua variabel. Penelitian pengembangan ini menggunakan modifikasi model pengembangan Thiagarajan yaitu Four-D Model. Tahapan dalam modifikasi metode yang dikembangkan oleh Thiagarajan tersebut terdiri dari tiga tahap utama yaitu tahap pembatasan (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop). Pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah melalui uji kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan produk yang dikembangkan. Instrumen yang digunakan berupa angket dan perolehan skor akhir pada media pembelajaran berbasis android. Analisis data dilakukan dengan menganalisis hasil validasi materi, validasi media, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Berdasarkan hasil analisis tersebut. Hasil analisis yang telah dilaksanakan kevalidan diperoleh nilai validasi dari ahli materi rata-rata total sebesar 3,49 dan dari ahli media diperoleh nilai rata-rata total sebesar 3,635, sehingga media pembelajaran berbasis android layak untuk di uji cobakan kepada siswa. Hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android ini telah praktis dengan perolehan rata-rata total sebesar 3,5. Media pembelajaran berbasis android ini dikatakan efektif karena sebanyak 9 siswa telah tuntas menyelesaikan permasalahan dalam media pembelajaran. Dari hasil analisis tersebut dapat dikatakan bahwa media ii pembelajaran berbasis android yang dikembangkan sebagai penunjang pembelajaran untuk melatih keterampilan siswa dalam menyelesaikan permasalahan terkait sistem pertidaksamaan linier dua variabel valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16141

Actions (login required)

View Item View Item