Pengembangan media pembelajaran SOP (Simulation of Proportion): sticker book berbasis simulasi pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai / Lathifa Millati Saifullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran SOP (Simulation of Proportion): sticker book berbasis simulasi pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai / Lathifa Millati Saifullah

Saifullah, Lathifa Millati (2018) Pengembangan media pembelajaran SOP (Simulation of Proportion): sticker book berbasis simulasi pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai / Lathifa Millati Saifullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Saifullah Lathifa Millati. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran SOP (Simulation of Proportion) Sticker Book Berbasis Simulasi pada Materi Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr.Abd. Qohar M.T. Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaran Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai. Berdasarkan studi pustaka dan dialog dengan dua guru matematika di SMPN 1 Blitar diperoleh informasi bahwa salah satu materi matematika yang dianggap sulit adalah materi perbandingan senilai dan berbalik nilai. Kesulitan yang dimaksud oleh guru adalah kesulitan siswa untuk membedakan permasalah-an yang termasuk perbandingan senilai dan permasalahan yang termasuk perban-dingan berbalik nilai. Selain itu diperoleh informasi bahwa pengajaran matematika di kelas mereka selama ini hanya menggunakan LKS hitam putih Buku Paket dan lembaran soal latihan dari. Guru menyatakan bahwa penggunaan media dalam pembelajaran matematika di SMPN 1 Blitar masih sangat jarang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran sticker book pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai yang praktis valid dan efektif. Media pembelajaran yang dihasilkan diberi nama SOP (Simulation of Proportion) . Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri atas lima langkah yaitu (1) Analisis (Analyze) (2) Perancangan (Design) (3) Pengembangan (Develop) (4) Implementasi (Implement) (5) Evaluasi (Evaluate). Subjek uji validitas adalah validator ahli dan validator praktisi. Subjek uji coba lapangan terdiri atas 30 siswa VII A SMPN 1 Blitar dengan kemampuan heterogen. Skor hasil validasi media SOP mencapai 3 59 validasi LKS Pendamping mencapai 3 65 RPP mencapai 3 56 dan soal evaluasi mencapai 3 61 sehingga dapat dikatakan valid. Skor hasil uji kelompok kecil mencapai 3 5 sehingga dikatakan praktis dan dapat diuji coba lapangan. Skor hasil uji kepraktisan mencapai 3 33 sehingga media SOP dikatakan praktis. Sedangkan pada pengerjaan soal evaluasi 90% subjek uji coba lapangan dapat mencapai KKM yaitu 80 sehingga media SOP dikatakan efektif. Berdasarkan hal tersebut media SOP (Simulation of Proportion) dinyatakan valid praktis dan efektif sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16140

Actions (login required)

View Item View Item