Pengembangan media manipulatif pop up book tipe lift the flap book untuk pembelajaran materi lingkaran kelas VIII / Sri Prihatin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media manipulatif pop up book tipe lift the flap book untuk pembelajaran materi lingkaran kelas VIII / Sri Prihatin

Prihatin, Sri (2018) Pengembangan media manipulatif pop up book tipe lift the flap book untuk pembelajaran materi lingkaran kelas VIII / Sri Prihatin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Prihatin Sri. 2018. Pengembangan Media Manipulatif Pop Up Book Tipe Lift The Flap Book Untuk Pembelajaran Materi Lingkaran Kelas VIII. Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Kata Kunci media manipulatif lift the flap book lingkaran Penggunaan media dalam pembelajaran matematika masih jarang ditemui di sekolah. Masih banyak pendidik yang hanya menggunakan buku cetak sebagai sumber sekaligus media pembelajaran. Sebagian besar siswa merasa bosan dengan pembelajaran yang demikian. Oleh karena itu peneliti bermaksud mengembangkan media manipulatif pop up book tipe lift the flap book untuk pembelajaran materi lingkaran kelas VIII yang valid efektif dan praktis. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media manipulative pop-up book tipe lift the flap book untuk mengonstruksi pemahaman siswa terhadap materi lingkaran kelas VIII yang valid efektif dan praktis. Model pengembangan yang digunakan dalam mengembangkan media manipulatif lift the flap book ini adalah model pengembangan Plomp (Plomp 2010 15). Model pengembangan ini terdiri atas (1) tahap penelitian awal (2) tahap prototipe dan (3) tahap penilaian. Pada tahap prototipe dilaksanakan pendesainan dan pengonstrukkan pada tahap penilaian dilaksanakan uji coba evaluasi dan revisi. Pada penelitian ini akan diadakan tiga tes uji yaitu uji kevalidan uji keefektifan dan uji kepraktisan. Uji kevalidan dilakukan oleh dua validator yaitu dosen matematika dan guru mata pelajaran matematika. Setelah media dinyatakan valid media diujicobakan kepada subjek uji coba yaitu 24 siswa kelas VIII yang akan menempuh materi lingkaran. Hasil uji keefektifan didapat dari persentase siswa yang memiliki nilai tes pemahaman diatas batas ketuntasan yang ditentukan. Hasil uji kepraktisan didapat dari rata-rata skor angket siswa yang diberikan di akhir penelitian. ii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16139

Actions (login required)

View Item View Item