Wahyudi, Rizky Dewi Nur (2018) Analisis kesalahan penyajian terkait konsep matematika dalam buku Matematika SMP/MTS kelas VII kurikulum 2013 edisi revisi 2016 / Rizky Dewi Nur Wahyudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Wahyudi Rizky Dewi Nur. 2018. Analisis Kesalahan Penyajian Terkait Konsep Matematika dalam Buku Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. M. Shohibul Kahfi M.Pd. Kata Kunci analisis kesalahan konsep matematika buku teks Buku teks pelajaran merupakan penunjang belajar bagi siswa dan merupakan media pembelajaran yang sangat penting. Di Indonesia buku teks pelajaran selalu digunakan sebagai sumber utama untuk mendapatkan suatu pengetahuan. Matematika adalah ilmu yang sangat penting maka diperlukan buku teks matematika yang bisa memfasilitasi peserta didik agar peserta didik tersebut benar-benar paham tentang konsep matematika yang ia baca dari buku teks tersebut. Untuk itu buku teks matematika yang baik harus memuat materi matematika yang sesuai dengan konsep-konsep matematika yang ada. Kesalahan penyajian materi atau konsep matematika dalam suatu buku teks bisa menyebabkan akibat yang sangat fatal salah satunya adalah terjadinya kesalahan pemahaman tentang suatu konsep matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kesalahan-kesalahan penyajian yang berkaitan dengan konsep matematika pada materi yang disajikan dalam buku Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku teks tersebut terdiri atas buku teks semeter 1 dan buku teks semester 2. Selanjutnya buku teks tersebut merupakan sumber data dari penelitian ini. Data tersebut dikumpulkan dengan cara membaca dengan cermat dan teliti buku yang sudah dipilih. Dalam proses membaca tersebut peneliti juga mengamati apakah ada kesalahan penyajian yang berkaitan dengan konsep matematika yang tertulis dalam buku teks. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa sekitar 37 99% halaman dalam buku teks semester 1 dan 41 09% halaman dalam buku teks semester 2 memuat kesalahan penyajian yang berkaitan dengan konsep-konsep matematika. Kesalahan penyajian dalam buku teks semester 1 ditemukan sebanyak 50 jenis kesalahan sedangkan kesalahan penyajian dalam buku teks semester 2 ditemukan sebanyak 43 jenis kesalahan. Total jenis kesalahan dalam kedua buku tersebut ditemukan sebanyak 87 data yaitu meliputi kesalahan mendefinisikan konsep sebanyak 10 data penggunaan ilustrasi yang kurang sesuai untuk menjelaskan konsep sebanyak 18 data pemberian contoh yang tidak sesuai dengan konsep yang diberikan sebanyak 10 data ketidaklengkapan memberikan syarat atau semesta pembicaraan pada definisi sebanyak 3 data dan penggunaan konsep yang belum dikenal atau penggunaan konsep yang tidak konsisten sebanyak 46 data.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/16138 |
Actions (login required)
View Item |