Pengembangan pop-up book sebagai media pembelajaran untuk memahamkan siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII / Putri Ariningtyas

Ariningtyas, Putri (2018) Pengembangan pop-up book sebagai media pembelajaran untuk memahamkan siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII / Putri Ariningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Ariningtyas Putri. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Sebagai Media Pembelajaran untuk Memahamkan Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Toto Nusantara M.Si. Kata Kunci pop-up book media pembelajaran bangun ruang sisi datar Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang diberikan ketika di sekolah menengah pertama (SMP). Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan salah satu guru matematika SMPN 9 Malang diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan pada materi bangun ruang sisi datar khususnya pada topik menentukan rumus luas permukaan dan volume. Siswa masih sulit untuk membayangkan bentuk konkret bangun ruang dan siswa lebih banyak menghafalkan rumus yang diberikan oleh guru. Dalam pembelajaran guru menggunakan metode ceramah dilengkapi dengan Lembar Kerja Siswa(LKS) belum adanya media pembelajaran di sekolah untuk mendukung materi pembelajaran tersebut. Pop-up adalah sebuah kartu atau buku yang ketika dibuka bisa menampilkan bentuk 3 dimensi atau timbul pop-up merupakan terobosan berbeda dimana dapat membuat objek menjadi tampak nyata. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran pop-up book sebagai media pembelajaran untuk memahamkan siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Datar siswa Kelas VIII yang valid praktis serta efektif. Model yang digunakan dalam pengembangan adalah model Plomp. Pengembangan ini terdapat tiga langkah penelitian yaitu (1) Penelitian awal (2) Fase prototype dan (3) Fase penilaian. Produk yang telah dikembangkan divalidasi oleh validator yaitu seorang dosen matematika Universitas Negeri Malang dan seorang guru matematika SMPN 9 Malang.Uji coba lapangan kepada 12 orang siswa kelas VIII SMPN 9 Malang dengan kemampuan heterogen. Berdasarkan hasil uji kevalidan media oleh kedua validator diperoleh skor 3 58 validasi materi 3 66 validasi soal 3 67 validasi lembar kerja siswa 3 67 dan validasi angket respon siswa 3 58. Skor rata-rata hasil uji kepraktisan adalah 3 48 serta komentar dari siswa yang menyatakan bahwa media pembelajaran ini membatu mereka saat proses pembelajaran. vii Sedangkan hasil uji keefektifan didapatkan 83 33% siswa memperoleh nilai diatas KKM yaitu 75 sehingga media pembelajaran pop-up book yang telah dikembangkan dinyatakan valid praktis dan efektif sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16137

Actions (login required)

View Item View Item