Pembelajaran model kooperatif Group Investigation (GI) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP / Vitya Lusiana Andriany

Andriany, Vitya Lusiana (2018) Pembelajaran model kooperatif Group Investigation (GI) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP / Vitya Lusiana Andriany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Andriany, Vitya Lusiana. 2018. Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sudirman, M. Si. Kata Kunci: group investigation, kemampuan komunikasi matematis Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan siswa dalam mengemukakan dan menjelaskan gagasan matematis yang dimiliki secara tertulis. Kemampuan komunikasi tertulis adalah kemampuan siswa dalam merepresentasikan gagasan matematis dan menguraikan pemecahan masalah secara tertulis. Siswa yang memiliki komunikasi yang baik, akan dapat menggunakan bahasa matematis untuk mengekspresikan gagasan matematis serta dapat berargumen dengan tepat, singkat dan logis. Komunikasi matematis juga membantu siswa mengembangkan pemahaman mereka terhadap matematika dan mempertajam berfikir matematis serta berperan dalam memahami ide-ide matematika secara benar. Kemampuan komunikasi matematis yang dimiliki siswa akan berhubungan dengan hasil belajar yang dimiliki siswa tersebut. Siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik akan berdampak positif pada hasil belajar siswa tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendiskripsikan pembelajaran model kooperatif tipe Group Investigation (GI) yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis SMP. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas VIII-D SMP Negeri 2 Malang yang berjumlah 30 siswa. Intrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, soal tes yang berdasarkan aspek komunikasi matematis, dan catatan lapangan. vi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16136

Actions (login required)

View Item View Item