Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan komputer pada materi Kesebangunan / Shohwa Dzulfida Afwa

Afwa, Shohwa Dzulfida (2018) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan komputer pada materi Kesebangunan / Shohwa Dzulfida Afwa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Afwa, Shohwa Dzulfida. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Komputer pada Materi Kesebangunan. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Syaiful Hamzah Nasution, S.Si., S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran berbantuan komputer, kesebangunan Hasil wawancara di SMPN 10 Malang yang menunjukkan bahwa sebagian besar siswa merasa kesulitan dalam menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan materi kesebangunan, dimana permasalahan berada pada ketidakmampuan siswa dalam memvisualisasikan bentuk, kurangnya pemahaman siswa dalam mencari perbandingan sisi yang bersesuaian, serta menyelesaikan soal pemecahan masalah terkait materi kesebangunan. Selain itu, penggunaan LKS yang menjadi metode pembelajaran di sekolah membuat siswa mudah merasa bosan saat pembelajaran sedang berlangsung. Disisi lain, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi menjadi salah satu prinsip yang digunakan dalam Kurikulum 2013 sebagai usaha untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Hal tersebut yang menjadi latar belakang dilakukannya penelitian pengembangan ini. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran matematika berbantuan komputer yang valid, praktis dan efektif untuk menguji pemahaman siswa dalam mempelajari materi kesebangunan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D (Four D Model) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, dkk. Model pengembangan ini terdiri dari empat tahapan yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop) dan penyebaran (Disseminate). Namun, tahap keempat dalam model pengembangan ini tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya serta menyesuaikan dengan kebutuhan pengembang. Berdasarlkan hasil uji kevalidan diperoleh 3,52 untuk rata-rata nilai kevalidan materi dan 3,77 untuk rata-rata nilai kevalidan media. Berdasarkan kriteria kevalidan, media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid. Hasil uji kepraktisan diperoleh 3,83. Berdasarkan kriteria kepraktisan, media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan praktis. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa 88,9% siswa memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan KKM. Berdasarkan kriteria keefektifan, media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan efektif untuk menguji pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16135

Actions (login required)

View Item View Item