Pengembangan lembar kerja siswa pada materi peluang dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk siswa kelas VIII / NiÔÇÖmatul Istiqomah

Istiqomah, NiÔÇÖmatul (2018) Pengembangan lembar kerja siswa pada materi peluang dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk siswa kelas VIII / NiÔÇÖmatul Istiqomah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Istiqomah, NiÔÇÖmatul. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Siswa pada Materi Peluang dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Siswa Kelas VIII. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Dwiyana, M.Pd, Ph.D. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Realistic Mathematics Education (RME), materi peluang Salah satu cara untuk melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran ialah dengan menggunakan suatu bahan ajar, seperti Lembar Kerja Siswa (LKS). Namun menurut hasil observasi, LKS yang sering dipakai oleh siswa kelas VIII D SMPN 2 Malang hanya memuat ringkasan dan latihan soal saja. Hal ini sangat disayangkan karena kurikulum 2013 menginginkan pembelajaran yang terkonstruk. Khususnya pada materi peluang yang sering menggunakan permasalahan nyata yang susah dibayangkan oleh siswa. Siswa harus memahami dasar peluang sebelum mulai mengerjakan soal. Mengonstruk adalah salah satu cara agar siswa dapat memahami dasar peluang. Pendekatan RME dapat digunakan untuk mengonstruk karena memiliki karakteristik sebagai berikut: 1) penggunaan konteks; 2) penggunaan model; 3) penggunaan hasil strategi siswa; 4) interaktivitas; dan 5) keterkaitan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKS dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada materi peluang untuk siswa SMP kelas VIII yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Plomp (2007:15) dengan tiga fase, yaitu: 1) preliminary research (penelitian awal); 2) prototyping phase (fase pengembangan prototipe); dan 3) assessment phase (fase penilaian). Pada penelitian pengembangan ini, dilakukan uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh dua validator yaitu validator ahli dan validator praktisi. Uji kepraktisan didapatkan dari hasil observasi kegiatan siswa yang dilakukan oleh dua orang observer dan dari hasil angket siswa. Sedangkan uji keefektifan didapatkan dari hasil tes siswa. v Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil bahwa: 1) LKS dinyatakan valid dengan skor akhir 3,56; 2) LKS dinyatakan praktis dengan skor akhir 3,28 dari lembar observasi kegiatan siswa dan skor akhir 3,31 dari angket siswa; 3) LKS dinyatakan efektif dengan tingkat ketuntasan siswa yang mencapai 85,71%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Dewan Penguji Anggota, Anggota, Drs. Dwiyana, M.Pd, Ph.D Dr. Ir. Hendro Permadi, M.Si NIP. 19540306 198203 1 005 NIP. 19661224 199903 1 001 Ketua, Dr. I Nengah Parta, S.Pd, M.Si NIP. 19661229 199302 1 001

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16134

Actions (login required)

View Item View Item