Analisis Kesalahan Ditinjau dari Kemampuan Matematik Siswa dalam Mengonstruksi Konsep Sistem Persamaan Linear Dua Variabel / Habiba Robiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis Kesalahan Ditinjau dari Kemampuan Matematik Siswa dalam Mengonstruksi Konsep Sistem Persamaan Linear Dua Variabel / Habiba Robiyah

Robiyah, Habiba (2018) Analisis Kesalahan Ditinjau dari Kemampuan Matematik Siswa dalam Mengonstruksi Konsep Sistem Persamaan Linear Dua Variabel / Habiba Robiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Robiyah Habiba. 2018. Analisis Kesalahan Ditinjau dari Kemampuan Matematik Siswa dalam Mengonstruksi Konsep Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Subanji M.Si. Kata Kunci analisis kesalahan kemampuan matematik mengonstruksi konsep sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan letak kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII SMPN 2 Malang dalam mengonstruksi konsep sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek adalah 6 siswa yang diambil dari kelas VIII B yaitu masing-masing 2 siswa berkemampuan tinggi sedang dan rendah. Data diperoleh dari hasil tes dan wawancara. Pengembangan instrumen didasarkan pada isi dari materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel yaitu pemodelan bentuk metode grafik metode eliminasi metode substitusi metode eliminasi-substitusi dan selesaian. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen utama dan instrumen pelacak. Instrumen utama berupa beberapa pernyataan yang harus dijustifikasi benar-salahnya oleh siswa beserta alasannya. Instrumen pelacak berupa alasan-alasan siswa untuk menyelidiki dan mengeksplorasi alasan yang mendasari justifikasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa letak kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengonstruksi konsep sistem persamaan linear dua variabel mencakup pseudo benar dan pseudo salah lubang konstruksi dan mis-analogical construction. Pseudo benar terjadi ketika jawaban siswa seolah-olah benar namun setelah ditelusuri apa yang dipikirkan siswa tidak sesuai dengan substantif konsepnya contohnya pada saat siswa menyatakan dengan benar metode yang digunakan pada suatu penyelesaian SPLDV. Akan tetapi apa yang dipikirkan siswa tidak sesuai dengan konsep yang sebenarnya. Pseudo salah terjadi ketika seolah-olah jawaban siswa salah namun setelah ditelusuri siswa dapat menjawab dengan benar contohnya pada saat siswa menyatakan dengan salah metode yang digunakan pada suatu penyelesaian SPLDV. Akan tetapi sebenarnya siswa dapat menjawab dengan benar. Lubang konstruksi terjadi ketika siswa mengonstruksi konsep matematika ada konsep yang tidak terkonstruksi sehingga mengalami kesalahan contohnya siswa mengonstruksi suatu bentuk sistem persamaan sebagai SPLDV karena diperoleh selesaian dari bentuk tersebut. Padahal bentuk tersebut tidak memenuhi syarat SPLDV.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16133

Actions (login required)

View Item View Item