Kesulitan siswa SMP dalam menyelesaikan masalah perbandingan beserta scaffoldingnya / Sherly Mauliddina Sri Nuryani - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesulitan siswa SMP dalam menyelesaikan masalah perbandingan beserta scaffoldingnya / Sherly Mauliddina Sri Nuryani

Nuryani, Sherly Mauliddina Sri (2018) Kesulitan siswa SMP dalam menyelesaikan masalah perbandingan beserta scaffoldingnya / Sherly Mauliddina Sri Nuryani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nuryani Sherly Mauliddina Sri. 2018. Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Perbandingan Beserta Scaffoldingnya.. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbng Dr. Subanji M. Si. Kata Kunci Kesulitan Siswa Masalah Perbandingan Scaffolding Salah satu mata pelajaran yang seringkali dianggap sulit adalah pelajaran matematika karena karakteristiknya yang mempunyai objek kajian yang bersifat abstrak. Kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika tersebut yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan. Umumnya kesalahan yang dilakukan siswa berbeda-beda tergantung pada tingkat kesulitan yang dialami siswa tersebut. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mengatasi kesalahan siswa akibat kesulitan tersebut adalah dengan memberikan scaffolding. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 6 Malang dengan 31 siswa mengikuti tes tulis kemudian dipilih 3 siswa menggunakan teknik purposive sampling untuk diwawancara pemilihan tersebut berdasarkan kategori yang telah ditentukan. Penelitian ini mengidentifikasi dari kesalahan yang dilakukan siswa pada tahapan polya yaitu memahami masalah merencanakan penyelesaian melaksanakan rencana penyelesaian dan mengecek kembali atau mengambil kesimpulan. Kemudian ditelusuri kesulitan yang dialami siswa dan menentukan pemberian scaffolding yang tepat. Pada penelitian ini scaffolding yang digunakan mengacu pada scaffolding anghileri dengan 2 level yaitu explaining reviewing dan restructuring pada level 2 dan developing conceptual thingking pada level 3. Data yang diperoleh dari penilitian ini terdapat 3 siswa pada kategori matematika tinggi 15 siswa pada kategori matematika sedang dan 13 siswa pada kategori matematika rendah. Kemudian dipilih 3 siswa dari masing-masing kategori berdasarkan letak kesalahan siswa untuk melakukan sesi wawancara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16131

Actions (login required)

View Item View Item