Analisis pemahaman siswa SMA kelas X pada materi Fungsi Kuadrat berdasarkan teori APOS / Imamatul Arifah

Arifah, Imamatul (2018) Analisis pemahaman siswa SMA kelas X pada materi Fungsi Kuadrat berdasarkan teori APOS / Imamatul Arifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Arifah, Imamatul. 2018. Analisis Pemahaman Siswa SMA pada Materi Fungsi Kuadrat Berdasarkan Teori APOS. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Edy Bambang Irawan, Dr. M. Pd. Kata kunci : analisis pemahaman, teori APOS, fungsi kuadrat. Sebaran jawaban siswa mengenai soal fungsi kuadrat pada uji pendahuluan yang dilakukan peneliti terhadap tiga siswa kelas X menunjukkan bahwa siswa mengalami kesalahan pada pemahamannya. Hal ini dikarenakan pemahaman konsep siswa masih salah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman siswa tingkat SMA kelas X pada materi fungsi kuadrat berdasarkan teori APOS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskripstif. Adapun teknik yang digunakan adalah tes dan wawancara untuk menggali data. Berdasarkan nilai tes yang didapatkan, peneliti mengelompokkan jawaban siswa ke dalam kelompok siswa yang jawabannya benar semua, jawaban 50% benar(menjawab benar 1 dari 2 soal), dan jawaban salah semua. Kemudian dari kelompok jawaban benar semua dan jawaban 50% benar dipilih satu subjek untuk diwawancara dan data yang diperoleh dianalisis berdasarkan analisis pemahaman teori APOS. Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) pada tahap aksi, siswa dalam menggambarkan grafik fungsi terlebih dahulu menggambarkan bidang kartesius dan siswa secara lengkap menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan, 2) pada tahap proses, siswa menentukan titik yang diperlukan untuk menggambarkan grafik fungsi kuadrat menggunakan rumus yang diberikan. Sedangkan untuk mencari luas persegi panjang siswa mensubtitusikan apa yang diketahui pada persamaan luas persegi panjang. 3) Pada tahap objek, siswa menggambarkan grafik fungsi berupa parabola menghadap ke atas. Sedangkan dalam mencari luas maksimum, terdapat siswa yang salah dalam menentukan nilai ekstrim, 4) Pada tahap skema, pemahaman siswa masih mengalami kesalahan di mana siswa tidak dapat menghubungkan kumpulan tahap aksi, proses dan objek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16130

Actions (login required)

View Item View Item