Proses berpikir pemecahan masalah Bangun Ruang Sisi datar ditinjau dari gaya belajar siswa / Dela Azhari Inawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses berpikir pemecahan masalah Bangun Ruang Sisi datar ditinjau dari gaya belajar siswa / Dela Azhari Inawan

Inawan, Dela Azhari (2018) Proses berpikir pemecahan masalah Bangun Ruang Sisi datar ditinjau dari gaya belajar siswa / Dela Azhari Inawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Inawan D.A. 2018. Proses Berpikir Pemecahan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Mimiep Setyowati Madja M.Kom. Kata Kunci proses berpikir pemecahan masalah bangun ruang sisi datar gaya belajar Penelitian ini menekankan pada kegiatan mengumpulkan informasi dan mendeskripsikan proses berpikir pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari gaya belajar siswa. Tahapan pemecahan masalah pada penelitian ini dianalisis berdasarkan teori Polya. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan kerangka berpikir asimilasi dan akomodasi Piaget. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan memberikan angket gaya belajar pada 31 siswa kelas IX-1 di SMP Negeri 14 Malang. Gaya belajar siswa kemudian dibedakan menjadi tiga kategori yaitu gaya belajar visual auditori dan kinestetik. Selanjutnya siswa diberikan tes tulis yang terdiri dari dua soal mengenai materi bangun ruang sisi datar. Kemudian dipilih 1 siswa dari masing-masing gaya belajar secara acak untuk mengikuti wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir siswa dengan gaya belajar visual dalam pemecahan masalah pertama dan kedua secara berturut-turut dapat memahami masalah menggunakan proses berpikir asimilasi dan akomodasi merencanakan pelaksanaan kedua masalah menggunakan proses berpikir asimilasi melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali masalah menggunakan proses berpikir akomodasi atau asimilasi. Sedangkan proses berpikir siswa dengan gaya belajar auditori dalam pemecahan masalah pertama dan kedua secara berturut-turut dapat memahami kedua masalah menggunakan proses berpikir asimilasi merencanakan penyelesaian masalah melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali penyelesaian menggunakan proses berpikir akomodasi dan asimilasi. Sedangkan proses berpikir siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam pemecahan masalah pertama dan kedua secara berturut-turut dapat memahami masalah merencanakan penyelesaian melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali penyelesaian masalah menggunakan proses berpikir asimilasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16129

Actions (login required)

View Item View Item