Analisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linear dua variabel / Dinar Putri Mikawati

Mikawati, Dinar Putri (2018) Analisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linear dua variabel / Dinar Putri Mikawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Mikawati, Dinar, Putri. 2018. Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Santi Irawati, M.Si. Kata Kunci : analisis kesalahan Newman, soal cerita matematika, sistem persamaan linier dua variabel. Kajian ini didasarkan pada pentingnya kemampuan dalam menyelesaiakan soal cerita matematika. Beberapa penelitian mengungkapkan adanya kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Untuk menganalisis kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika dibutuhkan metode yang tepat. Analisis kesalahan merupakan langkah pertama yang relevan untuk mengetahui letak kesalahan siswa. Analisis kesalahan Newman adalah metode yang dapat digunakan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dan sangat diperhitungkan. Newman mengungkapkan bahwa dalam menyelesaikan soal cerita diperlukan lima tahapan keterampilan, yaitu membaca (reading/decoding), memahami masalah (comprehension), transformasi (transformation), keterampilan proses (process skill), dan penulisan jawaban akhir (encoding). Penting bagi guru memiliki pengetahuan tentang kesalahan siswa, sehingga guru dapat menggunakan model pembelajaran yang sesuai. Fakta di lapangan, masih menjumpai banyak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Sehingga kesalahan yang dilakukan siswa tersebut dapat mempengaruhi ketercapaian kompetensi kelulusan siswa, karena soal mengenai SPLDV selalu muncul dalam soal UN SMP. Oleh sebab itu, peneliti merumuskan permasalahan dalam penilitian ini yaitu, mengenai deskripsi kesalahan yang dilakukan oleh siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita matematika Sistem Persamaan Linear Dua Variabel berdasarkan analisis kesalahan Newman. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di SMP Negeri 14 Malang. Subjek penelitian dipilih berdasarkan kelengkapan jawaban dan adanya kesalahan berdasarkan analisis kesalahan Newman. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan subjek penelitian akan dianalisis berdasarkan indikator kesalahan siswa yang dikembangkan peneliti berdasarkan analisis kesalahan Newman. vii Hasil penelitian ini menemukan adanya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi SPLDV, yaitu: (1) pada kategori kesalahan memahami masalah, siswa menggunakan simbol matematika yang tidak sesuai dengan informasi dari soal serta siswa tidak menuliskan satuan, (2) pada kategori kesalahan transformasi, siswa tidak memahami konsep dalam pemisalan variabel dan siswa melakukan pemisalan variabel yang tidak sesuai untuk menyelesaikan soal; (3) pada kategori kesalahan menuliskan jawaban akhir, siswa menuliskan jawaban akhir yang tidak sesuai dengan pa yang ditanyakan soal, siswa menggunakan simbol matematika yang tidak sesuai dengan jawaban akhir dari soal serta siswa tidak menuliskan satuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16127

Actions (login required)

View Item View Item