Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) berbasis penemuan terbimbing untuk membelajarkan sistem pertidaksamaan dua variabel (kuadrat-kuadrat) di SMA / Yatim Ardika Yanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) berbasis penemuan terbimbing untuk membelajarkan sistem pertidaksamaan dua variabel (kuadrat-kuadrat) di SMA / Yatim Ardika Yanti

Yanti, Yatim Ardika (2018) Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) berbasis penemuan terbimbing untuk membelajarkan sistem pertidaksamaan dua variabel (kuadrat-kuadrat) di SMA / Yatim Ardika Yanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Yanti Yatim Ardika. 2018. Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Membelajarakan Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel (Kuadrat-Kuadrat) di SMA. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. Kata Kunci UKBM penemuan terbimbing sistem pertidaksamaan dua variabel Perkembangan dunia pendidikan Indonesia belakangan ini meningkat cepat hal ini karena kebijakan pemerintah dalam pembaruan pendidikan yang semakin ditingkatkan. Seperti halnya pemberlakuan kurikulum 2013 yang terus menerus diperbaharui dan juga munculnya inovasi-inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran tidak terkecuali dalam pembelajaran matematika. Direktorat Pembina SMA menyuguhkan inovasi baru dengan penyusunan Unit Kegiatan Belajar Mandiri yang selanjutnya disebut UKBM sebagai perangkat bagi ajar peserta didik. UKBM ini baru diberlakukan pada jenjang SMA tahun ajaran 2017/2018 dan hanya diterapkan di sekolah yang memberlakukan Sistem Kredit Semester. Berdasarkan survei yang penulis lakukan UKBM yang digunakan masih belum mengarah pada pembelajaran yang bersifat penemuan. Sehingga penulis mengembangkan UKBM berbasis penemuan terbimbing pada pokok bahasan sistem pertidaksamaan dua variabel. Pengembangan UKBM berbasis penemuan terbimbing ini menggunakan metode penelitian pengembangan yang diadaptasi dan dimodifikasi dari penelitian pengembangan model Plomp (1997). Adapun fase-fase yang telah dimodifikasi yaitu (1) fase investigasi awal (2) fase desain (3) fase realisasi (4) fase tes/evaluasi/revisi. UKBM yang dihasilkan ini meliputi beberapa komponen yakni (1) identitas (2) peta konsep (3) kegiatan pembelajaran yang mencakup penyajian stimulus berupa cerita kontekstual tiga kegiatan belajar materi dengan proses penemuan dan penutup. UKBM berbasis penemuan terbimbing diuji kevalidan kepraktisan dan keefektifannya guna mengetahui kelayakannya sebagai perangkat pembelajaran. Skor kevalidan untuk UKBM 3 52 RPP 3 44 soal tes 3 50 dan angket respon peserta didik 3 50. Skor untuk kepraktisan yaitu 3 28 yang menyatakan UKBM tersebut praktis. Tingkat keefektifannya 86 36% peserta didik tuntas belajar. Sehingga berdasarkan data kevalidan kepraktisan dan keefektifan maka UKBM berbasis penemuan terbimbing layak digunakan sebagai perangkat ajar yang membantu membelajarkan materi sistem pertidaksamaan dua variabel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16126

Actions (login required)

View Item View Item