Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Terhadap Materi Fungsi pada Peserta Didik Kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Turen / Angelina Orpa Asalaka

Asalaka, Angelina Orpa (2018) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Terhadap Materi Fungsi pada Peserta Didik Kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Turen / Angelina Orpa Asalaka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Asalaka A. O. 2018. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Terhadap Materi Fungsi pada Peserta Didik Kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Turen. Skripsi Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Rini Nurhakiki M.Pd. Kata Kunci think pair share pemahaman konsep fungsi Hasil observasi awal yang dilakukan saat KPL di kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Turen menunjukkan bahwa pemahaman konsep sebagian besar peserta didik masih rendah yang tampak dari nilai ulangan harian dan peserta didik belum secara maksimal membangun sendiri pemahamannya serta usaha dan tanggung jawab peserta didik untuk membangun pemahamannya sendiri masih kurang karena saat pembelajaran berlangsung terdapat peserta didik yang hanya menyalin jawaban teman sekelompoknya tanpa dipahami. Pada penelitian ini peneliti berusaha memperbaiki hasil pembelajaran agar dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik X IPA 2 SMA Negeri 1 Turen terhadap materi fungsi dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi kegiatan guru dan siswa catatan lapangan dan hasil tes akhir. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah (1) hasil observasi kegiatan guru dan siswa minimal termasuk dalam kategori baik dan (2) hasil tes akhir menunjukkan bahwa minimal 75% peserta didik mendapat nilai lebih dari atau sesuai dengan Kriteria Belajar Minimal (KBM) yaitu 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep peserta didik X IPA 2 SMA Negeri 1 Turen meningkat setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes akhir siklus I ke siklus II. Pada Siklus I diperoleh persentase ketuntasan klasikalnya adalah 71 88% kemudian pada siklus II persentase ketuntasan klasikal mengalami peningkatan yaitu menjadi 78 13%. Pada siklus I persentase hasil observasi kegiatan guru adalah 93 4% dan persentase hasil observasi kegiatan siswa adalah 90 91%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu persentase hasil observasi kegiatan guru adalah 98 96% dan persentase hasil observasi kegiatan siswa adalah 95 46%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penelitian telah berhasil karena telah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16125

Actions (login required)

View Item View Item