Proses berpikir siswa dalam membuat koneksi matematis pada materi Fungsi Kuadrat / Jayaning Tyas Asih

Asih, Jayaning Tyas (2018) Proses berpikir siswa dalam membuat koneksi matematis pada materi Fungsi Kuadrat / Jayaning Tyas Asih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Asih, Jayaning Tyas. 2018. Proses Berpikir Siswa dalam Membuat Koneksi Matematis pada Materi Fungsi Kuadrat. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dra. Santi Irawati, M.Si, Ph.D. Kata kunci: Proses berpikir, koneksi matematis, fungsi kuadrat. Proses berpikir dalam membuat koneksi matematis merupakan runtutan langkah-langkah penyelesaian yang dilakukan siswa dalam membuat koneksi matematis untuk menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam membuat koneksi matematis pada materi fungsi kuadrat berdasarkan teori Swartz dan Reagan, sedangkan koneksi matematis dalam penelitian ini meliputi hubungan antara ide-ide matematis dalam satu topik yang sama, dalam suatu topik dengan topik yang lain (luas daerah persegi, luas daerah segitiga, dan luas daerah gabungan bangun datar), dan dengan disiplin ilmu lain (total biaya/ekonomi). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu tes dan pedoman wawancara. Subjek dalam penelitian ini dipilih dari 33 siswa di kelas X MIPA 1 yang diberi tes pertama, kemudian dari hasil analisis pertama dikelompokkan ke dalam kategori kemampuan koneksi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Selanjutnya dipilih skor tertinggi dari masing-masing kelompok sehingga diperoleh satu subjek berkemampuan koneksi matematis tinggi, satu subjek berkemampuan koneksi matematis sedang, dan satu subjek berkemampuan koneksi matematis rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir siswa berkemampuan koneksi matematis tinggi dalam membuat koneksi matematis pada materi fungsi kuadrat, yaitu menentukan ide-ide, menjelaskan ide-ide dan menghubungkan dengan luas daerah persegi, luas daerah segitiga, luas daerah gabungan bangun datar, total biaya, dan fungsi kuadrat. Selanjutnya, menentukan alasan dari hubungan tersebut, menjelaskan kelogisan hubungan tersebut menggunakan informasi dalam permasalahan dan bukti, mempertimbangkan dan menetapkan hubungan tersebut secara keseluruhan sehingga diperoleh kesimpulan yang sesuai. Proses berpikir siswa berkemampuan koneksi matematis sedang dalam membuat koneksi matematis pada materi fungsi kuadrat, yaitu menentukan ide-ide, menjelaskan ide-ide dan menghubungkan dengan luas daerah persegi, luas daerah segitiga, luas daerah gabungan bangun datar, dan fungsi kuadrat. Selanjutnya, menentukan alasan dari hubungan tersebut, menjelaskan kelogisan hubungan tersebut menggunakan informasi dalam permasalahan dan bukti, mempertimbangkan dan menetapkan hubungan tersebut secara keseluruhan sehingga diperoleh kesimpulan yang sesuai. Proses berpikir siswa berkemampuan koneksi matematis sedang dalam membuat koneksi matematis pada materi fungsi kuadrat dengan total biaya kurang tepat, sehigga diperoleh kesimpulan yang tidak sesuai. ii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16123

Actions (login required)

View Item View Item