Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal Persamaan Garis Lurus ditinjau dari gaya kognitif / Iffa Nabilla Purnomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal Persamaan Garis Lurus ditinjau dari gaya kognitif / Iffa Nabilla Purnomo

Purnomo, Iffa Nabilla (2018) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal Persamaan Garis Lurus ditinjau dari gaya kognitif / Iffa Nabilla Purnomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Purnomo Iffa Nabilla. 2018.Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Garis Lurus Ditinjau dari Gaya Kognitif. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Rustanto Rahardi M.Si. Kata Kunci Analisis Kesalahan Persamaan Garis Lurus Gaya Kognitif Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa pada materi persamaan garis lurus ditinjau dari gaya kognitif yang berbeda yaitu siswa dengan gaya kognitif Field Independent (FI) dan siswa dengan gaya kognitif Field Dependent (FD). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh dari hasil tes dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini antara lain tes gaya kognitif yaitu Group Embedded Figure Test (GEFT) tes untuk mengetahui kesalahan siswa berdasarkan teori Brodie dan pedoman wawancara. Penelitian ini dilakukan pada SMP Negeri 8 Malang. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 orang yang diambil dari kelas VIII-F yaitu 1 siswa dengan gaya kognitif FI dan 1 siswa dengan gaya kognitif FD. Materi persamaan garis lurus diberikan untuk melihat kesalahan kedua subjek dalam menyelesaikan soal. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa subjek FI melakukan kesalahan tipe (2) appropriate error yaitu siswa tidak mengetahui konsep lain yang berkaitan dengan soal. Sedangkan subjek FD melalukan kesalahan tipe (1) basic error yaitu kesalahan konsep dasar dan (2) appropriate error yaitu siswa tidak mengetahui konsep lain yang berkaitan dengan soal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16121

Actions (login required)

View Item View Item