Pengembangan Media Pembelajaran COUPLE MATH Berbasis Android pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel / Oriza Herdiani

Herdiani, Oriza (2018) Pengembangan Media Pembelajaran COUPLE MATH Berbasis Android pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel / Oriza Herdiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Herdiani, Oriza. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran COUPLE MATH Berbasis Android pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Skripsi, Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Abd. Qohar, M.T. Kata Kunci: media, pembelajaran, pengembangan, persamaan linear satu variabel Belajar merupakan suatu proses, suatu kegiatan dan bukan suatu hasil atau tujuan. Seiring dengan perkembangan zaman era globalisasi yang ditandai dengan pesatnya produk dan pemanfaatan teknologi informasi, maka konsepsi penyelenggaraan pembelajaran telah bergeser pada upaya perwujudan pembelajaran yang modern. Namun berdasarkan wawancara dengan salah satu guru SMPN 8 Malang metode yang digunakan oleh guru saat ini adalah metode konvensional atau ceramah dan pemberian tugas. Media pembelajaran yang dipergunakan guru pada proses pembelajaran berupa Buku Matematika SMP/MTs serta LKS MGMP. Selain sumber buku, penggunaan media pembelajaran berupa papan kotak. Dari hasil wawancara diperoleh bahwa siswa mengalami kesulitan pada materi persamaan linear satu variabel. Siswa mengalami kesulitan dalam memvisualisasi persamaan linear satu variabel dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan uraian diatas, maka pengembangan media pembelajaran berbasis Android penting untuk dilakukan dalam rangka mendukung pemahaman siswa terkait materi persamaan linear satu variabel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan aplikasi android yang terdapat pada smartphone untuk menunjang pembelajaran matematika pada sisiwa SMP Kelas VII materi Persamaan Linear Satu Variabel yang valid, praktis, dan efektif untuk membantu siswa memahami materi. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan mengacu pada model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu, tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran (disseminate). Tahap terakhir, yaitu tahap penyebaran (disseminate) tidak dilaksanakan karena keterbatasan waktu dan biaya dan disesuaikan dengan kebutuhan pengembangan media pembelajaran. Uji kevalidan produk dilakukan oleh satu validator. Uji kepraktisan produk dilakukan menggunakan lembar observasi kegiatan siswa yang diisi oleh dua teman sejawat dan lembar angket respon siswa yang diisi oleh 9 siswa sebagai subjek uji coba. Sedangkan uji keefektifan produk dilakukan melalui tes soal evaluasi dalam bentuk permainan yang terdapat pada media pembelajaran kepada subjek uji coba.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16120

Actions (login required)

View Item View Item