Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI Berkepribadian Tipe Introvert Pada Materi Program Linear / Rosita Ratna Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI Berkepribadian Tipe Introvert Pada Materi Program Linear / Rosita Ratna Sari

Sari, Rosita Ratna (2018) Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI Berkepribadian Tipe Introvert Pada Materi Program Linear / Rosita Ratna Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sari Rosita Ratna. 2018. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI Berkepribadian Tipe Introvert Pada Materi Program Linear. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Erry Hidayanto M.Si. Kata Kunci Komunikasi Matematis Introvert Program Linear Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI berkepribadian tipe introvert pada materi program linear. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh dari hasil tes tulis dan wawancara. Insrumen dalam penelitian ini antara lain tes tipe kepribadian tes kemampuan komunikasi dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan sebagai berikut Komunikasi matematis siswa kelas XI berkepribadian tipe introvert pada materi program linear lebih banyak menggunakan komunikasi secara tertulis daripada secara lisan. Secara tertulis ditunjukkan dengan siswa menuliskan apa-apa saja yang diketahui dari permasalahan sehari-hari pada sebuah tabel bantuan. Siswa menyusun model matematika berdasarkan informasi yang ada pada tabel tersebut namun belum menuliskan keterangan variabel yang digunakan. Dalam menentukan daerah selesaian siswa cenderung mengemukakan alasannya secara tertulis. Komunikasi matematis secara lisan tidak begitu nampak pada siswa introvert. Siswa memberikan respon apabila diberikan pancingan berupa pertanyaan yang ditanyakan secara terus menerus. Dalam mengemukakan idenya siswa introvert cenderung membutuhkan waktu yang lama. Sehingga siswa jarang mengemukakan idenya secara lisan jika dirasa tidak terlalu mendesak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16119

Actions (login required)

View Item View Item