Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat berdasarkan prosedur Newman / Shinta Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat berdasarkan prosedur Newman / Shinta Kurniawati

Kurniawati, Shinta (2018) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat berdasarkan prosedur Newman / Shinta Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawati Shinta. 2017. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaiakan Soal Persamaan Kuadrat Berdasarkan Prosedur Newman. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pendidikan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. Erry Hidayanto M. Si Kunci Analisis Kesalahan Prosedur Newman Persamaan Kuadrat Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan serta mengetahui penyebab siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat berdasarkan prosedur Newman. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dilakukan dengan cara menganalisis data dari hasil tes tulis siswa dan wawancara dengan siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Malang. Berdasarkan hasil penelitian bentuk-bentuk kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat adalah (1) pada tahap memahami (comprehension) siswa salah dalam menuliskan apa yang diketahui (2) tahap tranformasi (transformation) siswa salah mengubah informasi pada soal kedalam bentuk persamaan kuadrat (3) tahap ketrampilan proses (process skills) siswa salah dalam melakukan operasi ajabar dan tidak dapat melanjutkan prosedur penyelesaian (4) tahap penulisan jawaban akhir (encoding) siswa dalam menuliskan jawaban akhir tidak sesuai dengan konteks soal dan tidak menuliskan jawaban akhir. Faktor penyebab kesalahan tersebut secara umum yaitu siswa kurang terbiasa dalam menuliskan apa yang diketahui dan menuliskan kesimpulan dalam menyelesaikan soal cerita tingkat pemahaman serta kreativitas siswa masih rendah dalam mengidentifikasi masalah kedalam model matematika kemampuan dalam melakukan operasi aljabar masih rendah. Dewan Penguji Anggota Anggota Dra. Ety Tejo Dwi.C. M.Pd. Dr. Erry Hidayanto M.Si. NIP. 19620318 199002 2 001 NIP. 19660906 199203 1 004 Ketua Dr. Subanji NIP. 19710605 199802 1 001

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16118

Actions (login required)

View Item View Item