Penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran matematika materi sistem persamaan linear dua variabel untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX di SMP Negeri 2 Malang / Ika Ramadhani Permatasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran matematika materi sistem persamaan linear dua variabel untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX di SMP Negeri 2 Malang / Ika Ramadhani Permatasari

Permatasari, Ika Ramadhani (2018) Penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran matematika materi sistem persamaan linear dua variabel untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX di SMP Negeri 2 Malang / Ika Ramadhani Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Permatasari Ika Ramadhani. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Sistem Persaman Linear Dua Variabel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX di SMP Negeri 2 Malang. Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. M. Shohibul Kahfi M.Pd. Kata Kunci Problem based learning sistem persamaan linear dua variabel hasil belajar Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 2 Malang diketahui hasi tes peserta didik khususnya pada kelas IX di semester genap yang paling rendah terdapat pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) khususnya pada masalah konstektual dibanding materi peluang bidang kartesius dan fungsi kuadrat yang terdapat pada kelas IX di semester genap. Hal tersebut membuat peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) peran guru dalam pembelajaran ini adalah menyajikan suatu masalah yang ada di kehidupan sehari-hari peserta didik berperan aktif untuk mempresentasikan ide-ide dan keterampilan yang mereka miliki. Penelitian ini dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 26 Februari 2018 sampai dengan 1 Maret 2018 sedangkan siklus II dilaksanakan pada tanggal 5 Maret 2018 sampai dengan 13 Februari 2018. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX J di SMP Negeri 2 Malang pada tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 32 peserta didik yang terdiri dari 11 peserta didik laki-laki dan 21 peserta didik perempuan. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini meliputi 1) hasil lembar observasi kegiatan guru dan peserta didik 2) hasil catatan lapangan 3) pre test dan 4) post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning yang dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut 1) mengarahkan peserta didik pada masalah 2) mengorganisasikan peserta didik untuk belajar 3) membantu penyelidikan individu dan kelompok 4) mengembangkan dan menyajikan hasil kerja dan 5) menganalisis dan mengevaluasi proses penyelesaian masalah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada kelas IX di SMP Negeri 2 Malang. Keterlaksanaan model pembelajaran problem based learning pada siklus I hasil pre test I menunjukkan peserta didik yang tuntas atau peserta didik yang tuntas kemudian meningkat pada hasil post test I menunjukkan peserta didik yang tuntas atau peserta didik yang tuntas. vi Keterlaksanaan pada siklus II hasil pre test II menunjukkan peserta didik yang diatas KKM atau peserta didik yang diatas KKM kemudian meningkat pada hasil post test II menunjukkan peserta didik yang diatas KKM atau peserta didik yang diatas KKM. Pada siklus I skor rata-rata hasil keterlaksanaan model pembelajaran terhadap lembar observasi guru menunjukkan kemudian meningkat pada siklus II menunjukkan 94.89. Sedangkan pada siklus I skor rata-rata hasil keterlaksanaan model pembelajaran terhadap lembar observasi peserta didik menunjukkan kemudian meningkat pada siklus II menunjukkan . Sesuai dengan kriteria keberhasilan lebih dari 77% peserta didik sudah mencapai nilai KKM yaitu 77 serta hasil lembar observasi kegiatan guru dan lembar peserta didik yang berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian penelitian ini dikatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16117

Actions (login required)

View Item View Item